ANALISISI BALANCED SCORECARD RUMAH SAKIT SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI SISTEM INA-CBG’s PADA PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL BPJS (Studi Kasus pada Rumah Sakit CondongCatur)

ANDRIANI, HARSIWI (2015) ANALISISI BALANCED SCORECARD RUMAH SAKIT SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI SISTEM INA-CBG’s PADA PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL BPJS (Studi Kasus pada Rumah Sakit CondongCatur). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT
This study aims to analyze the performance of the hospital before and after
implementation of the system INA-CBG's national health insurance patients BPJS
of financial and non-financial aspects.
This performance study using a balanced scorecard with an emphasis four
perspectives: financial perspective, customer perspective, internal business
perspective and learning and growth perspective. On the financial perspective
researchers use the concept of value for money is the ratio of economy, efficiency
and effectiveness ratio ratio. At the customer's perspective is measured through
patient satisfaction, patient retention and acquisition. In the internal business
perspective is measured through innovation and operation phases. And the
learning and growth perspective is measured through employee satisfaction and
profitability employees.
These results indicate that the performance of the Hospital Condongcatur before
and after implementation of INA-CBG's system can be said to be good. This
means Condongcatur Hospital has managed to adjust to the adoption of a new
system of BPJS.
Key words: Balanced Scorecard, INA-CBG’s system

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja rumah sakit sebelum dan
sesudah implementasi sitem INA-CBG’s pada pasien jaminan kesehatan nasional
BPJS dari aspek keuangan dan non keuangan.
Penelitian kinerja ini menggunakan metode balanced scorecard dengan
penekanan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pada
perspektif keuangan peneliti menggunakan konsep value for money yaitu rasio
ekonomi, rasio efisiensi dan rasio efektivitas. Pada perspektif pelanggan diukur
melalui kepuasan pasien, retensi pasien dan akuisisi pasien. Pada perspektif bisnis
internal diukur melalui tahap inovasi dan operasi. Dan pada perspektif
pertumbuhan dan pembelajaran diukur melaui kepuasan karyawan dan
profitabilitas karyawan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Rumah Sakit Condongcatur
sebelum dan sesudah implementasi sistem INA-CBG’s dapat dikatakan baik. Hal
ini berarti Rumah Sakit CondongCatur telah berhasil menyesuaikan diri dengan
penerapan sistem baru dari BPJS.
Kata kunci: Balanced Scorecard, Sistem INA-CBG’s

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:44
Last Modified: 26 Sep 2016 03:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6711

Actions (login required)

View Item View Item