APLIKASI PEMBELAJARAN MEKANIKA FISIKA MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID

Bachtiar, Arief (2014) APLIKASI PEMBELAJARAN MEKANIKA FISIKA MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Banyak yang berpendapat bahwa mata pelajaran fisika menjadi salah satu pelajaran yang kurang diminati, salah satu penyebabnya karena mata pelajaran fisika memiliki konsep yang bersifat empiris, matematis, dan abstrak sehingga sulit dipahami. Selama ini penyampaian materi mata pelajaran fisika masih bersifat konvensional seperti penggunakan papan tulis serta bahan dari buku. Mekanika merupakan salah satu materi yang ada di dalam mata pelajaran fisika. Mekanika adalah cabang ilmu yang tertua dari semua cabang ilmu dalam fisika. Mekanika juga merupakan alat ampuh untuk membahas fenomena alam yang berhubungan dengan pergerakan benda-benda atau sistem di alam semesta ini dan interaksinya. Dalam pembuatan aplikasi ini metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan multimedia. Metode ini terdiri dari enam tahap yaitu : konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan aplikasi, pengujian, dan distribusi. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan software game maker, adobe photoshop, dan adobe flash. Bahasa yang digunakan adalah Java dan GML. Aplikasi pembelajaran mekanika fisika menggunakan smartphone android ini adalah aplikasi yang membahas bab mekanika pada pelajaran fisika yang mencakup : gerak lurus, gerak melingkar beraturan, dan dinamika partikel. Setiap materi dijelaskan berupa teks dan gambar disertai animasi dan kuis. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kumpulan soal beserta pembahasannya. Kata kunci : android, fisika, mekanika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 21 Sep 2016 06:12
Last Modified: 21 Sep 2016 06:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item View Item