APLIKASI MANAJEMEN ALAT TULIS KANTOR BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. PLN (PERSERO) AREA YOGYAKARTA)

Nugroho, Aditya Dwi Cahyo (2014) APLIKASI MANAJEMEN ALAT TULIS KANTOR BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. PLN (PERSERO) AREA YOGYAKARTA). Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Alat Tulis Kantor (ATK) merupakan merupakan sumber daya atau barang – barang yang harus ada dan dibutuhkan baik oleh suatu Instansi pemerintahan maupun kantor swasta untuk berlangsungnya kegiatan operasional di dalamnya. Keberadaan Alat tulis kantor saat ini memang vital adanya mengingat fungsinya mampu menunjang kegiatan dan pelaksanaan kegiatan kerja di dalamnya sehingga alat – alat tersebut tidak boleh tidak ada dalam suatu kantor. Khususnya untuk PT. PLN (Pesero) Area Yogyakarta sistem pendataan dan pencatatan laporan Alat Tulis Kantor yang digunakan selama ini masih menggunakan aplikasi pengolahan data secara manual yakni menggunakan tulisan tangan di dalam pembukuan. Hal dinilai kurang begitu efektif dan efisien dalam menunjang produktivitas kerja para pegawai di dalamnya. Ditambah dengan adanya mekanisme persutujuan (approval) ke atasan masih menggunakan nota dinas tertulis yang dikirimkan ke atasan sehingga akan sangat memerlukan waktu yang tidak sedikit mengingat jumlah pegawai yang menggunakan Alat Tulis Kantor ini cukup banyak. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu aplikasi berbasis web, yang di dalamnya dapat melakukan pengelolaan dan pendataan alat tulis kantor. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Waterfall. Bahasa pemrogramannya adalah PHP5 dan HTML5. Untuk tampilan menggunakan CSS3 dan Jquery. Databasenya menggunakan MySQL. Tools dan Editor yang digunakan ialah XAMPP for Windows 1.8.3, Photoshop, Netbeans IDE 7.4 dan Notepad++. Didukung dengan tersedianya jaringan internet lokal (intranet) di dalam perusahaan. Aplikasi ini nantinya akan digunakan sebagai media pengontrol atau pengendalian stok barang, pengambilan barang yang dilakukan oleh pegawai (user), persetujuan atasan (approval) atas barang yang diambil dan juga sebagai media perencanaan maksudnya ialah apakah perencanaan awal (prediksi) penggunaan barang oleh user sesuai dengan realisasi. User sendiri dibagi menjadi 4 level yakni Administrator (Gudang), User (Pegawai), Atasan 1 (Asisten Manager masing – masing bagian) serta Atasan 2 (Asisten Manager Pelayanan dan Administrasi). Dengan adanya Aplikasi Manajemen Alat Tulis Kantor (ATK) Berbasis Web ini diharapkan akan mempermudah administrator dalam mengelola barang – barang alat tulis kantor sehingga hasil pelaporan data dapat diketahui dengan mudah, cepat dan akurat. Kata Kunci : Alat Tulis Kantor, Aplikasi Web, Approval System, Inventory

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 20 Sep 2016 01:50
Last Modified: 20 Sep 2016 01:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item