FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA UMKM KAIN TENUN IKAT TROSO JEPARA

Budiman, Nita Andriyani and Zuliyati, Zuliyati (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA UMKM KAIN TENUN IKAT TROSO JEPARA. Buletin Ekonomi, 13 (1). pp. 77-86.

[img]
Preview
Text
April 15 6 be upnvy.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

This study aims to determine the factors that influence the use of accounting information on SMEs ikat troso in Jepara regency. Variables used are the latest education manager or owner, business scale, period leading companies, the age of the company, accounting training, and accounting information. The sample in this research were 80 respondents . The method used in this research is using descriptive statistics test, test data quality, classic assumption test, and test the hypothesis by using regression analysis. The study states that there are significant effect education manager or owner, the age of the company, and accounting training to accounting information. While the scale of effort and time to lead the company does not significant effect the accounting information. Abstrak: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi pada UMKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM kain tenun ikat troso di Kabupaten Jepara. Variabel yang digunakan adalah pendidikan terakhir manajer atau pemilik, skala usaha, masa memimpin perusahaan, umur perusahaan, pelatihan akuntansi, dan informasi akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan pendidikan terakhir manajer atau pemilik, umur perusahaan, dan pelatihan akuntansi terhadap informasi akuntansi. Sedangkan skala usaha dan masa memimpin perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap informasi akuntansi. Kata Kunci: UMKM, agency theory, dan informasi akuntansi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mrs Sri Lestari
Date Deposited: 02 May 2016 03:56
Last Modified: 02 May 2016 03:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item