PENGARUH TERPAAN KAMPANYE PARTAI POLITIK TERHADAP PREFERENSI POLITIK MASYARAKAT DI DUSUN NGEMPLAK, KECAMATAN NGAGLIK, SLEMAN D.I YOGYAKARTA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014

A R I F I N, A R I F I N (2015) PENGARUH TERPAAN KAMPANYE PARTAI POLITIK TERHADAP PREFERENSI POLITIK MASYARAKAT DI DUSUN NGEMPLAK, KECAMATAN NGAGLIK, SLEMAN D.I YOGYAKARTA PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Sebagai negara dengan sistem politik demokratis, pemilu merupakan salah satu cara untuk memilih calon presiden. Sebelum pemilihan dilaksanakan, partai politik yang menjadi kandidat berkesampatan mengkampanyekan partai politiknya kembali dari yang sebelumnya partai politik berkampanye legislatif. Kampanye partai politik diharapkan dapat menambah tingkat emosi yang lebih besar di antara anggota masyarakat, sehingga membawa konsekuensi preferensi dan sikap yang tidak rasional, kemudian meningkatnya keberanian untuk mengekspresikan keinginan dan cita-cita anggota masyarakat sebagai konskuensi komunikasi politik yang lebih dialogis dan transparan di Dusun Ngemplak, Kecamatan Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta pada pemilihan presiden tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kampanye Partai Politik Terhadap Preferensi Politik Masyarakat di Dusun Ngemplak kecamatan Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta pada pemilihan presiden tahun 2014. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto, populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Dusun Ngemplak, Kecamatan Ngaglik, Sleman D.I Yogyakarta yang memiliki hak memilih dalam pemilihan Presiden dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhna. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh secara signifikan antara pengaruh terpaan kampanye politik terhadap preferensi politik masyarakat di Dusun Ngemplak, Kecamatan Ngaglik, Sleman D.I Yogyakarta. Hasil penelitian diperoleh analisis korelasi product moment nilai koefisien korelasi 0,550, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kampanye partai politik (X) dengan preferensi politik (Y) masuk dalam kategori sedang. Analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil terpaan kampanye partai politik berpengaruh terhadap preferensi politik sebesar 30,2%. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti yaitu terdapat pengaruh secara signifikan terpaan kampanye politik terhadap preferensi politik masyarakat di Dusun Ngemplak, Kecamatan Ngaglik, Sleman D.I Yogyakarta. As a country with democratic political system, election is a way to choose a president. Before the election is conducted, politic party candidates have the opportunity to campaign their politic parties again, in which before they were politic parties who campaign legislatively. Politic party campaign is expected to increase the emotional level between community members, thus it will bring preference consequences and irrational attitudes. Then it will also bring the increasing bravery to express community’s wants and aspires as a consequence of more dialogic and transparence politic communication in Ngemplak Village, Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta in 2014 Election. This study aims to investigate The Impact influence of Political Party Campaign on Community’s Political Preference in Ngemplak Village, Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta in 2014 Election. Study methodology is utilizing quantitative method and cx post facto study type, population in this study is the community of Ngemplak Village, Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta who has the right to choose the president with total sample 78 individuals. Data analysis technique is using product moment correlation analysis and simple linear regression analysis. Hypotheses in this study are there is a significant effect of politic campaign on community’s politic preference in Ngemplak Village, Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta. The finding of the study is that product moment correlation analysis has 0.550 correlation coefficient value, from the result can be concluded that politic party campaign (X) with politic preference (Y) is included in moderate category. From the simple linear regression analysis it is found that politic party campaign affects the political preference by 30.2%. The obtained result shows that the hypotheses proposed in the study is proved, that is, there is a significant impact oh politic party campaign on community’s politic preference in Ngemplak Village, Ngaglik District, Sleman D.I. Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:14
Last Modified: 07 Sep 2016 02:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item