Radite Asthingkara, Alfonsa (2016) STRATEGI PERENCANAAN PRODUKSI ROTI DENGAN PENDEKATAN TEORI PELUANG (Studi Kasus di PT Inti Cakrawala Citra Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
3. COVER.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (23MB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
PT Inti Cakrawala Citra Yogyakarta merupakan perusahaan yang memproduksi roti kemasan berlabel “Mr. Bread” yang dikirim setiap hari ke gerai-gerai Indomaret dan Indogrosir di wilayah Yogyakarta dan Semarang. Strategi produksi yang dilakukan oleh perusahaan saat ini adalah memulai produksi 24 jam sebelum pengiriman berdasarkan perkiraan jumlah permintaan. Perkiraan permintaan yang dilakukan oleh perusahaan saat ini masih belum tepat karena masih terdapat selisih cukup besar antara hasil perkiraan dengan permintaan riil sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode perencanaan produksi untuk meminimalkan kerugian perusahaan. Metode penentuan tingkat produksi dalam penelitian ini didasarkan pada konsep nilai kerugian penjualan dengan melihat peluang laba berdasarkan permintaan untuk meminimalkan kerugian atau loss. Perhitungan dilakukan dengan bantuan program MATLAB versi R2010a secara iteratif untuk menghasilkan kombinasi tingkat produksi dari produk yang diamati. Kombinasi terpilih merupakan hasil yang memenuhi dua syarat, yaitu nilai loss yang paling kecil dan nilai kapasitas yang tidak melebihi kapasitas tersedia. Usulan tingkat produksi berdasarkan hasil penelitian memberikan kerugian bagi perusahaan sebesar Rp555.945,00. Jumlah ini lebih kecil dari kerugian yang dihasilkan dari metode yang digunakan oleh perusahaan saat ini, yaitu Rp701.055,00. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa metode yang digunakan dalam penelitian lebih baik karena memberikan kerugian yang lebih kecil dari metode yang digunakan oleh perusahaan saat ini. Penelitian dapat dikembangkan untuk permasalahan yang lebih kompleks dengan meningkatkan jumlah dan jenis produk dalam keterbatasan kapasitas dan waktu produksi serta mempertimbangkan biaya produksi. Penelitian ini juga berpeluang untuk dilanjutkan hingga ke level teknis seperti penjadwalan produksi dan pengembangan perangkat lunak sehingga perhitungan penyelesaian masalah dapat dilakukan lebih efisien. Kata kunci: perencanaan produksi, produksi roti, lost sales, peluang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 02:05 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 02:05 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6042 |
Actions (login required)
View Item |