NURAINI DHAYANTI, IRMA (2015) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS) PADA ROS-IN HOTEL YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN BRAND EQUITY. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan bisnis perhotelan pada saat ini bisa dikatakan berkembang
dengan baik, maka dari itu untuk dapat bersaing dengan penyedia jasa perhotelan
lainnya diperlukan brand equity yang kuat. Perusahaan akan mempunyai posisi
dalam bisnis yang kompetitif jika memiliki brand equity yang kuat karena
pelanggan mengharapkan memiliki merek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran terpadu
(integrated marketing communications) pada Ros-In Hotel Yogyakarta dalam
eningkatkan brand quity. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
denganteoricommunicator style bahwa setiap manusia berkomunikasi tidak hanya
dalam memberikan informasi, namun juga dalam cara bagaimana menyajikan
suatu informasi dalam bentuk tertentu. Uji Validitas data yang digunakan adalah
dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan melakukan wawancara
pada Sales & Marketing Manager, Public Relations,dan konsumen Ros-In Hotel
Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan untuk meningkatkan brand equity,
Ros-In Hotel Yogyakartamenggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu
melalui kegiatan corporate gathering, cooking class, dan press relations yang
memadukan strategi periklanan, personal selling, public relations, promosi
penjualan dan direct selling. Komunikasi pemasaran juga dilakukan oleh Ros-In
Hotel, periklanan menggunakan sarana media cetak seperti, harian Kedaulatan
Rakyat, harian Jogja, Tribun, dan Kabaredan elektronik seperti, Jogja TV, TVRI,
dan MNC TV. Personal selling yang dilakukan adalah sales call. Public relations
dengan membina hubungan baik melalui corporate communication. Promosi
penjualandilakukan dengan privilege carddan memberikan diskon khusus dan
yang terakhir adalah kegiatan direct selling yang dilakukan dengan menggunakan
websitedan situsbooking onlineagar konsumen tahu dan mengingat brand Ros-In
Hotel Yogyakarta serta memudahkan pemesanan pelanggan. Implementasi
program komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan dapat menjadikan brand
Ros-In Hotel Yogyakarta lebih dikenal dan diingat masyarakat, keunggulan
produk diakui oleh konsumen, citra positif terbangun, dan loyalitas pelanggan
terhadap Ros-In Hotel meningkat sehingga brand equity yang kuat dapat tercipta.
Hospitality business at this time develop well, therefore to compete with another
competitors of hospitality business, needs the strong brand equity. The company
will have a good position in competitive business if have strong brand equity
because the customer wish to have that brand. The purpose of this research is to
describe and analyze the integrated marketing communications at Ros-In Hotel in
Yogyakarta to improve brand equity. This research used a qualitative method with
style communicator theory that every human being communicate not only in
providing information, but also in the way how to present the information in a
particular form. The validity of the test data used is by using triangulation sources
by doing interviews on Sales & Marketing Manager, Public Relations, and
customers Ros-In Hotel Yogyakarta. The results show to increase brand equity,
Ros-In Hotel Yogyakarta use the integrated marketing communications strategy
through corporate gathering, cooking class, and press relations by combining
advertising, personal selling, public relations, sales promotion, and direct selling.
Marketing communications are also carried by Ros-In Hotel, advertising by
printed media such as newspaper Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja, Tribun, and
Kabare, and electronic media such as Jogja TV, TVRI, and MNC TV, doing
personal selling such as sales call, public relations with excellent customer
relationship, mass media, goverment, and local people through corporate
communication, sales promotion with privilege card, and give special promos or
special discount, and direct selling by using website and booking online site so
that customers know and remember the brand Ros-In Hotel Yogyakarta.
Implementation of integrated marketing communications program that can be
done to make the brands Ros-In Hotel Yogyakarta is known and remembered
public, product excellence is recognized by consumers, a positive image
awakened, and customer loyalty towards Ros-In Hotel risen so strong brand
equity can be created.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 02:25 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |