ANALISIS PERAN PUBLIC RELATIONS PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN JARINGAN YOGYAKARTA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN DI MEDIA JEJARING SOSIAL

YULIANA SAPUTRI, AMANDA (2015) ANALISIS PERAN PUBLIC RELATIONS PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN JARINGAN YOGYAKARTA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN DI MEDIA JEJARING SOSIAL. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of Abstrak Hal.pdf]
Preview
Text
Abstrak Hal.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta merupakan salah satu kantor cabang
distribusi Jawa Tengah yang berada di wilayah DIY. PT PLN (Persero) APJ
Yogyakarta menyediakan layanan jasa energi listrik di wilayah DIY, peran PR
dalam meningkatkan citra perusahaan sangat penting, terutama PR harus memiliki
strategi dalam PR. PR PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta menggunakan berbagai
macam media untuk berkomunikasi atau bertukar informasi dengan para
stakeholdernya. Sedangkan, teori yang digunakan yakni teori Persamaan Media
dan teori Sistem Terbuka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran
dan strategi PR PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta dalam menangani pengaduan
dan keluhan pelanggan yang terdapat di jejaring sosial Twitter dan Facebook.
Strategi dan peran PR PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta diharapkan dapat
memberikan solusi dari keluhan pelanggan di jejaring sosial. Dalam penelitian ini
data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara, dan data sekunder
berupa literature dan sumber tertulis lainnya. Jenis penelitian yang dipilih dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik
triangulasi untuk menguji kevaliditasan data. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi penggunaan jejaring sosial yang digunakan sebagai media untuk
menangani keluhan yang diterima oleh PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta adalah
tidak efektif. PR PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta masih mempunyai media
alternatif untuk menangani keluhan dan pengaduan yang diberikan oleh para
pelanggan dengan menggunakan media PR yang lain yakni Call Center 123 yang
memang cukup efektif untuk menanggapi dan merespon keluhan dan pengaduan
pelanggan.
Kata kunci : Jejaring Sosial, keluhan, Peran PR, Strategi PR

PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta is one of Central Java distribution branch
offices located in the region of DIY. PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta provide
electric energy services in the area of DIY, the role of PR in improving the
company's image is very important, especially PR should have a strategy in PR.
PR of PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta using a variety of media to
communicate or exchange information with stakeholders. While theory that used
in this research are Media equation theory and open system theory. The purpose
from this research is to understand the role and strategy of PR PT PLN (Persero)
APJ Yogyakarta to handling complaints and customer complaints in social
networks Twitter and Facebook. Strategy and role of PR PT PLN (Persero) APJ
Yogyakarta is expected to provide a solution of customer complaints in social
networks. In this research the data used are primary data in the form of interviews,
and the secondary data in the form of literature and other written sources. The
type of research is descriptive qualitative research. Researchers use triangulation
techniques to test the validity of data. The results showed that the strategy using
social networking as the medium for handling complaints received by PT PLN
(Persero) APJ Yogyakarta is ineffective. PR of PT PLN (Persero) APJ Yogyakarta
still have an alternative media to deal with complaints by customers by using the
other media of public relations, such as Call Center 123, which is quite effective
to respond customer complaints.
Keywords : Complaint, PR strategy, Role of PR, Social networking

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 06 Sep 2016 02:09
Last Modified: 06 Sep 2016 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item