ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Kasus di Cafe Newyorkarto)

PRISANANTO, ENGGAL (2015) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Kasus di Cafe Newyorkarto). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Cafe Newyorkarto adalah cafe yang menyajikan berbagai macam olahan kopi, minuman ringan, dan makanan. Berdasarkan survei pendahuluan keluhan yang didapatkan adalah lamanya waktu pelayanan, fasilitas yang kurang seperti wifi, kurangnya pengetahuan pelayan akan menu yang disediakan, menu yang disediakan terkadang tidak ada, dan kurangnya menu makanan sehat. Sehingga perlu dilakukannya evaluasi pelayanan untuk menganalisis kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Cafe Newyorkarto. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka dalam penelitian ini digunakan metode Importance Performance Analysis. Metode tersebut dapat digunakan untuk menganalisa tingkat kepentingan dari suatu variabel dimana konsumen dengan kinerja dari perusahaan tersebut. Dengan demikian, pihak cafe akan lebih terarah dalam melaksanakan strategi bisnisnya sesuai dengan prioritas kepentingan konsumen yang paling dominan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada Cafe Newyorkarto, kategori kelemahan yang harus di evaluasi kemudian menjadi prioritas perbaikan sesuai dengan urutan kepuasan konsumen paling rendah tersebut antara lain fasilitas pendukung cafe lengkap, menu makanan bergizi dan lengkap, karyawan memberikan informasi tentang makanan kepada pengunjung sebelum memesan, kesiapan karyawan melayani setiap saat, tanggung jawab atas pelayanan yang diberikan pada konsumen, jaminan keamanan, pelayanan, dan kepercayaan terhadap konsumen, pelayanan kepada semua pengunjung tanpa memandang status sosial, dan lainnya, tempat parkir aman. Kata kunci: Kepuasan konsumen, Cafe Newyorkarto, Metode Importance Performance Analysis Cafe Newyorkarto is a cafe that serves a wide variety of processed coffee, soft drinks, and food. Based on a preliminary survey obtained complaint is the length of time of service, lack of facilities such as wifi, lack of knowledge of the waitress would menus available, the menu provided sometimes no, and the lack of a healthy diet. So it is necessary to analyze the service evaluation of customer satisfaction. The purpose of this study is to analyze customer satisfaction with the quality of services provided by Cafe Newyorkarto. To resolve the problem, so in this study used Importance Performance Analysis. The method can be used to analyze the importance of a variable in which the consumer with the performance of the company. Thus, the cafe will be more focused in implementing its business strategy in accordance with the priorities of the most dominant consumer interests. Based on the research that has been done on Cafe Newyorkarto, category weakness in the evaluation should then be prioritized according to the improvement of customer satisfaction lowest order, among other support facilities cafe complete, nutritious and complete food menu, employees provide information about food to visitors before ordering, readiness employees serve at any time, responsibility for services provided to the consumer, security, services, and consumer confidence, service to all visitors regardless of their social status, and the other, a secured parking lot. Keywords: customer satisfaction, Cafe Newyorkarto, Importance Performance Analysis Methods

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:36
Last Modified: 23 Aug 2016 08:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item View Item