APLIKAASI PEMANNFAATANN TEKNOLLOGI AUGGMENTEDD REALITYY SEEBAGAI PEEMBELAJJARAN RUUMAH ADAAT INDONNESIA BERBAASIS MULTIMEDIAA

Rizkitta, Pria (2015) APLIKAASI PEMANNFAATANN TEKNOLLOGI AUGGMENTEDD REALITYY SEEBAGAI PEEMBELAJJARAN RUUMAH ADAAT INDONNESIA BERBAASIS MULTIMEDIAA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak English_123090171_PRIA RIZKITTA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_123090171_PRIA RIZKITTA.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Materi pelajaran merupakan salah satu satu faktor dalam proses belajar mengajar. Banyak beragam materi pelajaran di sekolah dasar, salah satunya yaitu materi pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji kehidupan sosial yang bahannya didasarkan pada kajian sejarah dan pengetahuan sosial. Terdapat materi pelajaran IPS yang membahas rumah adat Indonesia. Bentuk rumah adat yang beranekaragam dari berbagai provinsi di Indonesia membuat siswa-siswi mengalami kesulitan untuk menghafal dan memahami bentuk serta ciri khas dari rumah adat. Dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang mendukung materi pelajaran membuat siswa kesulitan dalam pemahaman materi. Bentuk dari aplikasi pembelajaran rumah adat memanfaatkan teknologi augmented reality untuk mendukung konsep penyampaian materi didalam aplikasi pembelajaran rumah adat. Metode yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi adalah metode pengembangan multimedia. Metode pengembangan multimedia terdiri dari konsep, disain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribution. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran rumah adat adalah aplikasi Autodesk 3DS Max sebagai pembuatan objek 3D, OpenSpace3D Editor sebagai pembuatan visual Augmented Reality, CorelDRAW X4 sebagai pembuatan buku panduan penggunaan aplikasi, Adobe Flash Professionl CS5 sebagai pembuatan interface, Adobe Photoshop CS3 untuk pembuatan material dan texture objek 3D, dan Inno Setup Compiler untuk pembuatan instaler program. Aplikasi pemanfaatan teknologi augmented reality sebagai pembelajaran rumah adat Indonesia berbasis multimedia telah berhasil dibuat untuk menyelesaikan masalah kurangnya media pembelajaran interaktif yang diharapkan berguna sebagai penunjang belajar pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Aplikasi pembelajaran rumah adat dapat mevisualisasikan menggunakan kamera yang mendeteksi marker sehingga menampilkan objek rumah adat 3 dimensi. Serta terdapat gambar rumah adat beserta keterangannya dan fitur latihan soal untuk mengevaluasi materi yang telah dipelajari. Kata-kata kunci: aplikasi, rumah adat, dan augmented reality

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:20
Last Modified: 23 Aug 2016 02:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5544

Actions (login required)

View Item View Item