KURNIAWATI, LELY (2014) PENGARUHSTIMULIATMOSFER DAN TANGGAPAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU BELANJA (Surveypada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Stimuliatmosfer adalah setiap komunikasi atau stimulifisik yang didesain untuk mempengaruhi konsumen. Sedangkan Perilaku belanja merupakan tingkat dimana muncul tipe-tipe tertentu yang diperlihatkanoleh konsumen sebagai akibat dari tanggapan emosional, semakin positif tanggapan emosional maka semakin kuat munculnya tindakan pembelian. Berkaitan masalah yang menjadi fenomena penelitian yaitu toko swalayan biasanya memiliki kesan kurang rapi, penataan barang yang kurang menarik, pelayanan yang kurang memuaskan dan stimuli atmosfer toko inilah yang dapat mempengaruhi minat beli masyarakat untuk mengunjungi toko tersebut. Dengan adanya stimuli atmosfer untuk toko, maka akan mendorong tanggapan emosional masyarakat yang akan mempengaruhi perilaku belanja pada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh stimuli atmosfer dan tanggapan emosional terhadap perilaku belanja pada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta.Sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari konsumen Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta. Jumlah sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 104 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari penyebaran kuesioner kepada responden penelitian. Penelitian ini meliputi variabel independen, intervening dan dependen, adapun variabel independennya adalah stimuli atmosfer, variabel intervening adalah tanggapan emosional,dan untuk variabel dependennya adalah perilaku belanja. Untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur dengan teknik regresi linier. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel stimuliatmosfer terhadap tanggapan emosional pada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel stimuliatmosfer terhadap perilaku belanja pada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta;3) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel tanggapan emosional terhadap perilaku belanja pada Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta, dan4) Stimuli atmosfer mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap perilaku belanja melalui tanggapan emosionalpada konsumen Toko Pamella Enam Swalayan Yogyakarta. Kata kunci : stimuliatmosfer, Tanggapan Emosional, Perilaku Belanja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 03:26 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5508 |
Actions (login required)
View Item |