ANALISIS PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENJALANKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT PERKEBUNAN NUSANTARA VI JAMBI

ROHMADANI, BAYU S. (2016) ANALISIS PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENJALANKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT PERKEBUNAN NUSANTARA VI JAMBI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Public Relations sangat dibutuhkan dalam menjalankan Tanggung Jawab
Sosial Perusahaan atau Customer Social Responsibility (CSR) dan
mempertahankan citra perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya, Public relations
harus menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab Public relations adalah
bagaimana menumbuhkan kepercayaan, goodwill, dan kejujuran dalam
menyampaikan pesan atau informasi, serta publikasi yang positif kepada publik
(khalayak). PT Perkebunan Nusantara VI (Persero) merupakan BUMN yang
bergerak di bidang usaha perkebunan kelapa sawit dan teh di Provinsi Jambi dan
Sumatera Barat. Banyak kegiatan – kegiatan CSR yang telah dilakukan oleh
PTPN VI untuk masyarakat sekitar, baik di bidang kesehatan, pendidikan,
program kemitraan, dan program bina lingkungan. PTPN VI juga turut aktif
dalam kegiatan pemberdayaan sosial dan kemasyarakatan yang merupakan
tanggung jawab sosial perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran Public Relations dalam menjalankan program CSR PT
Perkebunan Nusantara VI (Persero). Metode penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pimpinan
perusahaan dan masyarakat selaku penerima program CSR PTPN VI Nusantara.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis dan intepretasi data maka dapat
digambarkan bahwa Public Relations PT Perkebunan Nusantara VI (Persero) telah
berperan cukup baik dalam dalam menjalankan program CSR. Hal ini diantaranya
tercermin dari keberhasilan program CSR dalam meningkatkan citra perusahaan.
Peran Public Relations dalam menjalankan program CSR PT Perkebunan
Nusantara VI (Persero) diantaranya adalah perencanaan hingga pelaksanaan
program CSR. Penetapan program-program PR di PTPN VI senantiasa
mempertimbangkan berbagai isu internal perusahaan yang berpotensi
menimbulkan konflik dengan publik. Sejauh ini program-program CSR yang
diselenggarakan PTPN VI cukup berhasil. Hal ini terlihat dari banyaknya
permintaan masyarakat agar program CSR tersebut lebih merata. Mereka berharap
agar pihak PTPN VI makin inovatif dalam menyusun program CSR. Program
tersebut diharapkan juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas serta dapat
membantu peningkatan perekonomian masyarakat lokal.
Kata kunci: peran, Public Relations, program CSR.

ABSTRACT
Public Relations is needed in carrying out Corporate Social Responsibility
or Customer Social Responsibility (CSR) and maintaining the company's image.
In performing its duties, Public relations should be aware that the duties and
responsibilities of public relations is how to foster trust, goodwill and honesty in
conveying the message or information, as well as positive publicity to the public
(audience). PT PTPN VI (Persero) is a state-owned companies engaged in the
business of oil palm and tea plantations in Jambi and West Sumatra. Many
activities - CSR activities that have been performed by PTPN VI to the
surrounding community, both in the areas of health, education, partnership
programs, and environmental development program. PTPN VI also active in
social and community empowerment which is the social responsibility of the
company. The purpose of this study was to determine the role of Public Relations
in running CSR programs PT PTPN VI (Persero). This research method using
descriptive qualitative research method. Informants in this study is the head of the
company and the community as the recipient of the CSR program PTPN VI
archipelago. Data collection techniques in this study with interviews. Data
analysis techniques used in this research is qualitative descriptive analysis
method. Based on the analysis and interpretation of data, it can be described that
the Public Relations of PT PTPN VI (Persero) has played pretty well in the
running CSR programs. This is reflected in the success of the program include
CSR in improving the company's image. Role of Public Relations in running the
CSR program PT PTPN VI (Persero) which are planning to implementation of
CSR programs. Determination of public relations programs in PTPN VI
continuously consider various internal issues that could potentially lead to conflict
with the public. So far CSR programs organized by PTPN VI quite successful. It
is evident from the many community requests that the CSR programs more
evenly. They hope that PTPN VI increasingly innovative in developing CSR
programs. The program is also expected to be felt by the wider community and
can help improve the economy of local communities.
Keywords: role, Public Relations, CSR program.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 May 2016 07:57
Last Modified: 10 May 2016 07:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item