Costa, Linda Maria De Fatima (2015) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO, KLATEN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dalam rangka mewujudkan kepuasan pasien, RS. dr Soeraji Tirtonegoro mengemban misi menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna, berkualitas dan terjangkau, menyelenggarakan pendidikan pelatihan, pe nelitian dan pengembangan ilmu bidangkesehatan dengan standar kualitas pelayanan yang tinggi, mewujudkan kepuasan pasien untuk mencapai kemandirian rumah sakit, meningkatkan kesejahteraan karyawan. Sebagai salah satu organisasi sektor publik, RSU Dr. Soeradji Tirtonegoro memiliki keyakinan dasar karyawan yang berkualitas dan berkomitmen tinggi kepada rumah sakit adalah assetyang paling berharga, kepuasan dan kesetiaan pasien adalah dasar kelangsungan hidup rumah sakit, kualitaspelayanan rumah sakit sebagai pengikat kesetiaan pelanggan, kebersamaan adalah kunci utama dalam mencapai kesuksesan. Rumah Sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro juga memiliki Fasilitas yang lengkap antara lain: Rawat jalan, Rawat Inap. Rawat Intensif, Rawat Darurat, Unit Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Unit Geriatri, Paviliun Garuda dan Rehabiitas Medik. Serta Fasilitas Penunjang antara lain: Radiologi, Pusat Diagnostik Klinik, Laboratorium dan Farmasi. Adapun nilai-nilai dasar yang diterapkan di RS. dr Soeradji Tirtonegoro Klaten adalah, Jujur dan ikhlas,integritas, keterbukaan, profesionalisme, kerendahhatian, kerja cerdas, kesediaan untuk melayani, melayani adalah ibadah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan, fasilitas dan harga secara bersama -sama berpengaruh terhadap kepuasan pasienrawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Suradji Tirtonegoro Klaten dan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan, fasilitas dan harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Suraji Tirtonegoro Klaten. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified nonprobability sampling. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah sebagian pasien rawat inap di RUS Dr. Soeradji Tirtonegoro yang berjumlah 100 orang. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pasien. Hal ini dapat diartikan, jika kualitas pelayanan meningkat, maka kepuasaan pasien akan mengalami peningkatan. Ada pengaruh signifikan antara fasilitas terhadap kepuasaan pasien. Hal ini dapat diartikan, jika fasilitas yang diberikan bermanfaat, maka kepuasaan pasien akan mengalami peningkatan. Ada pengaruh signifikan antara harga terhadap kepuasaan pasien. Hal ini dapat diartikan, jika harga meningkat (lebih sesuai), maka kepuasaan pasien akan mengalami peningkatan dan sebaliknya. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Kepuasaan Pasien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Ratna Sufiatin |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 06:30 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:30 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5322 |
Actions (login required)
View Item |