PROMOSI BENTENG PENDEM (VAN DEN BOSCH) OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN NGAWI DALAM UPAYA MEMPERKENALKAN PRODUK WISATA BARU KEPADA MASYARAKAT

PRASTITI, PUTRI WERDHI (2016) PROMOSI BENTENG PENDEM (VAN DEN BOSCH) OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN NGAWI DALAM UPAYA MEMPERKENALKAN PRODUK WISATA BARU KEPADA MASYARAKAT. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Benteng Pendem (Van Den Bosch) merupakan obyek wisata yang berada di kawasan
wilayah pemerintahan kabupaten Ngawi. Dalam hal ini pemerintah daerah
mempunyai hak dalam pengelolaan obyek wisata sebagai aset daerah. Pengelolaan
yang dilakukan adalah mengenai promosi obyek wisata Benteng Pendem (Van Den
Bosch) tersebut oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga
kabupaten Ngawi. Meski hingga tahun 2015 ijin pengelolaan sepenuhnya belum
diperoleh dari pihak Armed (Artileri Medan) TNI-AD atau yang biasa disebut dengan
Yonarmed, kegiatan promosi tersebut tetap dijalankan oleh Dinas Pariwisata
kabupaten Ngawi. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah
promosi Benteng Pendem (Van Den Bosch) oleh Dinas Pariwisata dalam upaya
memperkenalkan produk wisata baru kepada masyarakat. Penelitian ini memaparkan
konsep promosi dan prinsip promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata untuk
memasarkan Benteng Pendem (Van Den Bosch). Penelitian ini menggunakan teori
Difusi Informasi / Inovasi sebagai implementasi proses promosi Benteng Pendem
(Van Den Bosch) oleh Dinas Pariwisata dengan menggunakan sarana informasi
Leaflets dan Booklets, serta situs web. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
yang menggunakan metode deskriptif, analisa data dimulai dengan melakukan
observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas
Pariwisata melakukan promosi Benteng Van Den Bosch selama ini hanya dengan
menggunakan media komunikasi yaitu periklanan dan promosi langsung. Mereka
hanya menggunakan leaflets, booklets, dan situs web sebagai sarana informasi karena
minimnya anggaran promosi yang ada untuk Benteng Van Den Bosch. Dari 2
narasumber Dinas Pariwisata dan Humas Pemda, Benteng Van Den Bosch belum
menjadi fokus utama pemerintah dalam mempromosikan obyek wisata daerah.
Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas promosi yang dilakukan Dinas
Pariwisata Kabupaten Ngawi terhadap obyek wisata baru Benteng Van Den Bosch
masih belum berjalan secara optimal dan masih bersifat standard dalam upaya
memperkenalkan produk wisata baru. Karena dari 3 sampel pengunjung, terdiri dari 2
pengunjung lokal dan 1 pengunjung luar daerah sebagai narasumber diperoleh
jawaban bahwa mereka masih mengetahui informasi mengenai Benteng Van Den
Bosch dari rekan-rekan terdekat, bukan dari sarana informasi yang tersedia dari Dinas
Pariwisata Kabupaten Ngawi.

Kata Kunci : Promosi, Pariwisata, Pemasaran Pariwisata

ABSTRACT

Pendem Fortress (Van Den Bosch) is a tourist attraction in the area of Ngawi district
administration area. In this case, the local government has the right to manage
tourism as a regional asset. The implemented management was about the promotion
of tourism Pendem Fortress (Van Den Bosch) by the Department of Tourism,
Culture, Youth and Sports Ngawi. Although until 2015 the management permit was
not yet fully obtained from the Armed (Field Artillery) TNI-AD or commonly
referred as Yonarmed, promotional activities are still run by the Department of
Tourism Ngawi. This study was aim to identify promotional measures of Pendem
Fortress (Van Den Bosch) by the Department of Tourism in an effort to introduce the
new tourism product to the public. This study describes the concepts and principles of
the promotion campaign undertaken by the Department of Tourism in order to
promote Pendem Fortress (Van Den Bosch). This study uses the theory of
information diffusion / innovation as the implementation of the promotion process of
Pendem Fortress (Van Den Bosch) by the Department of Tourism using the
information facilities such as Leaflets and Booklets, as well as web sites. This study
is a qualitative study using descriptive method, the data analysis begins with the
observation, interview, and literature study. The results showed that all this time, the
Department of Tourism in doing the promotion Van Den Bosch Fortress has been
using only the medium of communication i.e. direct promotion and public relations.
They only use leaflets, booklets, and the website as a means of information due to the
lack of the existing budget for Van Den Bosch Fortress. From 2 sources i.w.
Department of Tourism and Public Relations of Local Government, Van Den Bosch
Fortress has not been a major focus of the government in promoting local tourism. So
we concluded that promotional activities conducted by Department of Tourism in
Ngawi district for the new local tourism object, Van Den Bosch Fortress are still not
running optimally and still being standard in an effort to introduce new tourism
product. Because from 4 samples of visitor, there are 2 local visitors and 2 outside
visitors as an as an interviewees which confess that they find out information about
Van Den Bosch Fortress from the closest colleagues, instead of information that
available from the Ngawi Department of Tourism.

Keywords: Promotion, Tourism, Tourism Marketing

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 10 May 2016 07:27
Last Modified: 10 May 2016 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item