PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN GULA PASIR MEREK GULAKU (Studi Kasus di Giant Sleman)

IRAWAN GANDI PRASETYO, DEDY (2014) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN GULA PASIR MEREK GULAKU (Studi Kasus di Giant Sleman). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Permintaan gula nasional selalu mengalami perubahan dan bahkan cenderung mengalami kenaikan sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang selalu bertambah setiap tahunnya. Tahun 1990, 1995, 1996 dan 1997 berturutturut konsumsi gula per kapita/tahun adalah 13,38 kg; 16,54 kg; 15,76 kg dan 17,04 kg. Jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan total kebutuhan konsumsi gula juga terus meningkat. Laju pertumbuhan konsumsi gula selama periode 1993-2004 adalah 4,33% per tahun. Pada tahun 1993 konsumsi gula sebanyak 2,34 juta ton dan terus meningkat menjadi 2,46 juta ton pada tahun 2004. Dengan semakin tingginya permintaan gula pasir, Gulaku menghadapi banyak sekali para pesaing. Seperti produk gula pasir dalam kemasan Raja Gula yang di produksi oleh swalayan progo,Mirota yang di produksi oleh swalayan mirota kampus, MK (Madu Kismo), Gula Pasir Indomaret yang di produksi oleh swalayan Indomaret, Gula Pasir Carrefoure yang di produksi oleh swalayan Carrefoure, dll. Oleh karena itu dipersepsikan penelitian ini dapat membantu pihak Gulaku dalam menghadapi para pesaingnya. Tujuan dri penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Gulaku di Sleman; (2) Mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan Gulaku di Sleman; (3) Mengetahui pengaruh tingkat kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Gulaku di Sleman; (4) Mengetahui adanya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan; (5) Mengetahui adanya pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Giant yang berlokasi di Jl. Ring Road Utara Rt 02 / Rw 29 Kabupaten Sleman. Pengambilan data mulai tanggal 23 Juni 2014 sampai tanggal 15 Agustus 2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pengunjung swalayan Giant di Sleman yang akan membeli produk dan melihat harga serta melakukan pembelian ulang serta merasakan kepuasan gula pasir Merek Gulaku. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; (4) Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh antara kualitas produk dan loyalitas pelanggan; (5) Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh antara harga dan loyalitas pelanggan. Kata kunci: Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Gula Pasir Merek Gulaku, Sleman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:32
Last Modified: 15 Aug 2016 01:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item