MOTIF MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TWITTER DI INTERNET

LUTHFI, FAIZ ZAHARUDIN (2016) MOTIF MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TWITTER DI INTERNET. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi yang begitu pesat pada komunikasi massa, apalagi munculnya internet sebagai media baru menjadikan siapa saja bisa mengetahui apa saja dan tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Dari internet inilah, muncul yang namanya media sosial. Dari sekian banyak situs social networking di internet, salah satu situs yang saat ini cukup menarik banyak perhatian para pengguna internet adalah Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motif Mahasiswa dalam menggunakan media sosial Twitter di internet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model analisis interaktif yang terdiri dari data reduction, data display dan concluding drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan twitter pada awalnya hanya ikut-ikutan teman karena sedang tren, kemudian mahasiswa mulai menggunakan twitter dengan motif-motif yang beragam seperti motif informasi, motif hibuan, motif identitas pribadi dan motif integrasi dan interaksi sosial. Namun, mahasiswa prodi ilmu komunikasi dalam menggunakan twitter cenderung memiliki motif integrasi dan interaksi sosial. Dengan menggunakan twitter pengguna twitter dapat memperluas jaringan pertemanannya selain itu juga pengguna twitter dapat mempererat pertemanan dengan teman-teman lamanya dalam dunia maya. Motif tersebut dilandasi pada asumsi bahwa setiap individu mempunyai kebutuhan dalam hidupnya baik itu kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan akan informasi untuk mengetahui fenomena atau masalah yang ada di sekitarnya, dimana kebutuhan satu individu dengan individu yang lain tidak ada yang sama. Dalam hal ini motif penggunaan twitter pada mahasiswa prodi ilmu komunikasi masuk kedalam salah satu tingkatan hirarki Maslow. Mahasiswa menggunakan twitter cenderung akan mencari apa yang diinginkanya di dalam media sosial twitter secara berulang ulang kemudian menggunakan twitter secara berkelanjutan sampai mahasiswa tersebut menemukan hal lain untuk menjawab kebutuhanya tersebut. Dalam kasus penelitian ini mahasiswa ilmu komunikasi menggunakan twitter sebagai kebutuhanya dan menggunakan twiter sebagai media untuk memenuhi kebutuhanya. Kata kunci: Motif mahasiswa, media sosial, twitter ABSTRACT Over time, the rapid technological developments in mass communication, especially the emergence of the Internet as a new medium to make anyone can know anything and are no longer limited by time and space. Of the Internet is, appears the name of social media. Of the many social networking sites on the internet, one of the sites that are currently quite a lot of attention of Internet users is Twitter. This study aims to determine the motive Students in use Twitter social media on the internet. This research is a descriptive qualitative approach. Subjects in this study were students of Communication UPN "Veteran" Yogyakarta as many as four people. Data collection technique used observation and interviews. Data were analyzed using qualitative data analysis interactive model that consists of data reduction, display data and concluding drawing / verification. The results showed that students using twitter at first just went along with a friend because it is a trend, then the students started using twitter with motifs as diverse as information motif, hibuan motives, motives of personal identity and the motives of integration and social interaction. However, students in the department of communication sciences tend to have a motive to use twitter integration and social interaction. By using twitter, twitter users can expand the friendship network twitter users but it also can strengthen the friendship with his old friends in the virtual world. The motif is based on the assumption that each individual has a need in his life both daily needs and the need for information to know the phenomenon or problem in the surrounding areas, where the needs of the individual with other individuals are not the same. In this case the motif of use twitter in communication science students study program into one of the levels of Maslow's hierarchy. Students use twitter tend to be looking for what desired in social media twitter repeated later use in a sustainable manner until the student finds something else to answer what they need. In the case of this study communication science students to use twitter as twiter requirement and use as a medium to meet its needs. Keywords: students Motif, social media, twitter iii

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 10 May 2016 03:32
Last Modified: 10 May 2016 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item