Nurul Pangestika, Meilia (2016) STRATEGI PROMOSI WISATA PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN BANJARNEGARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
jdl thok.pdf Download (119kB) | Preview |
Preview |
Text
ringkasan.pdf Download (64kB) | Preview |
Preview |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (610kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar isi.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Jumlah penggunjung obyek wisata di Kabupaten Banjarnegara cenderung tidak
stabil dan belum sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Dinas Kebudayaan
dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Fluktuasi jumlah pengunjung obyek
wisata tersebut otomatis berpengaruh terhadap pendapatan daerah, untuk itu Dinas
Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara melakukan strategi atau
upaya agar jumlah pengunjung dapat meningkat kembali dan pendapatan daerah
terpenuhi. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian mengenai Strategi
Promosi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara yang
bertujuan agar peneliti mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari
kegiatan promosi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif. Pengumpulan
data pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Dari hasil
penelitian dapat diketahui strategi promosi yang digunakan Dinas Kebudayaan
dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara adalah dengan menggunakan strategi
analisa pasar dengan tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Promosi
yang digunakan melalui promotion mix baik itu: advertising yang terbagi menjadi
iklan lini atas dan iklan lini bawah, personal selling, public relations, direct
marketing dan promosi penjualan. Personal selling dengan melakukan program
widyawisata, funtrip dan travel dialog merupakan promosi yang gencar dilakukan
karena Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara ingin
melibatkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Evaluasinya dilakukan
melalui evaluasi strategis yang tidak berhasil dan evaluasi rencana tahunan yang
tiap tahunnya diperbarui dalam RPJM (Rencana Pembangunan Jangka
Menengah).
Kata Kunci: Strategi, Promosi Wisata
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 02:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 02:18 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |