ANALISIS FRAMING BERITA KASUS KOPI SIANIDA DI RUBRIK “AROMA JESSICA DI KOPI MIRNA” PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM PERIODE 08 JANUARI – 30 JANUARI 2016

ALAN SETYAWAN, ABHIYOGA (2016) ANALISIS FRAMING BERITA KASUS KOPI SIANIDA DI RUBRIK “AROMA JESSICA DI KOPI MIRNA” PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM PERIODE 08 JANUARI – 30 JANUARI 2016. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Other
COVER.PDF

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Other
LEMBAR PENGESAHAN.PDF

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tewasnya wanita secara misterius setelah meminum Kopi, menjadi perhatian khusus dari berbagai media, bahkan menjadi headline di pemberitaan ibu kota. Salah satu media yang memberikan perhatian besar terhadap kasus ini adalah media online Detik.com. Detik.com sebagai salah satu media online pertama di Indonesia mengemas berita tersebut menjadi satu kumpulan rubrik yang berisi kronolgi tewasnya wanita tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita yang dilakukan oleh Detik.com pada rubrik “Aroma Jessica di Kopi Mirna” periode 08 Januari – 30 Januari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing model Robert N. Entman. Entman mendefiniskan framing sebagai strategi pembingkaian media. Adapun perangkat analisis framing yang digunakan Entman meliputi define problems (pendefinisian masalah), diangnose causes (memperkirakan masalah atau sumber masalah), make moral judgement (membuat keputusan moral) dan treatment recommendation (menekankan penyelesaian). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa konstruksi berita yang dilakukan oleh Detik.com cenderung tidak objektif. Detik.com dalam pemberitannya, tidak sesuai dengan Nilai yang dipahami oleh Detik.com yaitu, Independensi serta Kreatif dan Inovatif . Hal tersebut terlihat dari penggunaan bahasa dalam memberitakan berita ini. Hal lainnya Detik.com cenderung menekankan adanya keterkaitan Jessica dalam kasus tewasnya Mirna Salihin. Detik.com juga cenderung mengedepankan sisi Ekonomi Politik Media, dengan mengangkat isu-is kontroversial untuk meningkatkan pendapatan iklan dari berita Kopi Sianida ini. Teknik analisa data dilakukan dengan mengkategoriasi jumlah 163 berita berdasarkan tiga kategoriasi yaitu, tewasnya Mirna, penyelidikan Kepolisian dan penetapan tersangka. Adapun dari proses kategoriasi tersebut didapati 11 berita yang menjadi sampel peneliti. Kata Kunci: Analisis framing, Detik.com, Entman, Kopi Sianida

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:03
Last Modified: 22 Jul 2016 03:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item View Item