MELINIA, RAHMAYANI (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GULA BATU KRISTAL DI UMKM “GENDIS SARI ABADI” KAPANEWON PLERET KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
2_Cover_135180066_Rahmayani Melinia.pdf Download (150kB) |
|
|
Text
3_Abstrak_135180066_Rahmayani Melinia.pdf Download (226kB) |
|
|
Text
4_Halaman Pengesahan_135180066_Rahmayani Melinia.pdf Download (763kB) |
|
|
Text
5_Daftar Isi_135180066_Rahmayani Melinia.pdf Download (142kB) |
|
|
Text
6_Daftar Pustaka_135180066_Rahmayani Melinia.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
1_Skripsi full_135180066_Rahmayani Melinia.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor lingkungan
internal dan eksternal di UMKM Gendis Sari Abadi, (2) Menganalisis strategi
pemasaran yang terbaik pada produk gula batu kristal di UMKM Gendis Sari Abadi.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode
penelitian berupa studi kasus. Metode penentuan responden menggunakan teknik
purposive. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Metode
pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, Focus Group
Discussion (FGD), kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan matriks Internal Factor Evaluation
(IFE), matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE), matriks Internal Eksternal (IE),
matriks Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT), dan Quantitative
Strategic Planing Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Analisis faktor lingkungan internal, kekuatan utama yaitu produk gula batu kristal
memiliki tingkat kekerasan yang baik dan produk memiliki umur simpan panjang
yaitu hingga 6 bulan, sedangkan kelemahan utama yaitu promosi masih jarang
dilakukan terutama secara online. Analisis faktor eksternal, peluang utama yaitu
minat masyarakat mengonsumsi minuman menggunakan gula batu, sedangkan
ancaman utama yaitu terdapat beberapa pesaing yang menjual produk sejenis. (2)
Strategi pemasaran yang terbaik untuk dilaksanakan UMKM Gendis Sari Abadi
yaitu aktif mengikuti pameran dan memaksimalkan penggunaan digital marketing
seperti marketplace dan sosial media untuk promosi dan penjualan produk.
Kata Kunci : Faktor Lingkungan Internal dan Eksternal, Gula Batu Kristal, Strategi Pemasaran
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | RAHMAYANI MELINIA (Penulis- 135180066) ; Budiarto (Pembimbing 1) , Ni Made Suyastiri Yani Permai (Pembimbing 2) |
| Uncontrolled Keywords: | Faktor Lingkungan Internal dan Eksternal, Gula Batu Kristal, Strategi Pemasaran |
| Subjek: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis |
| Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 03:56 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 03:56 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
