PENGEMBANGAN MODEL PENENTUAN RUTE DAN ALOKASI DISTRIBUSI PADA PRODUK FROZEN FOOD MENGGUNAKAN ALGORITMA LARGE NEIGHBOURHOOD SEARCH (Studi Kasus: PT Subur Mulya Sejahtera, Sukoharjo, Jawa Tengah

SIMBOLON, JONATHAN ANDREPA (2025) PENGEMBANGAN MODEL PENENTUAN RUTE DAN ALOKASI DISTRIBUSI PADA PRODUK FROZEN FOOD MENGGUNAKAN ALGORITMA LARGE NEIGHBOURHOOD SEARCH (Studi Kasus: PT Subur Mulya Sejahtera, Sukoharjo, Jawa Tengah. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Skripsi Full_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf] Text
1_Skripsi Full_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 2_Cover_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf] Text
2_Cover_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf] Text
3_Abstrak_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf] Text
5_Daftar Isi_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_122210044_Jonathan Andrepa Simbolon.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK
PT Subur Mulya Sejahtera Solo merupakan perusahaan distributor produk
frozen food merk Kanzler untuk wilayah Solo Raya dan sekitarnya. Salah satu
kegiatan kegiatan pendistribusian yang terdapat kendala yaitu pada proses
pendistribusian produk kepada pelanggan yang dilakukan menggunakan 4 armada
yang dimiliki oleh perusahaan. Jumlah kapasitas muatan seluruh armada jauh
melebihi rata-rata permintaan per hari saat periode permintaan tertinggi dan
mengakibatkan banyaknya sisa muatan armada. Selain itu, kendala lain yang
dimiliki berupa penugasan armada yang masih dilakukan secara konvensional yang
memengaruhi total jarak tempuh armada dan biaya distribusi. Dalam mengatasi hal
tersebut, perlu dilakukan penentuan jumlah armada yang tepat dan rute terpendek
armada untuk meminimasi total biaya distribusi.
Permasalahan pada penelitian ini diselesaikan melalui pengembangan
model Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) yang
dibangun oleh Solomon (1987) dengan mempertimbangkan heterogeneous fleet,
time windows, dan waktu layanan pelanggan priotitas. Penyelesaian masalah
dengan model tersebut dilakukan menggunakan Algoritma Large Neighbourhood
Search (LNS) dengan bantuan Visual Basic for Application (VBA) pada Microsoft
Excel. Tujuannya adalah mengembangkan model penentuan rute dan jumlah
alokasi distribusi yang tepat dengan mempertimbangkan waktu layanan pelanggan
prioritas sehingga meminimasi total biaya distribusi.
Berdasarkan penyelesaian masalah yang telah dilakukan dengan penerapan
metode dari pengembangkan model, hasilnya menunjukkan bahwa parameter
keputusan distribusi dapat diminimasi. Hasil perbandingan dengan kondisi aktual
diperoleh penurunan total jarak tempuh sebesar 15,95% dan total biaya distribusi
sebesar 21,84% dengan memaksimalkan jumlah armada yang dimiliki menjadi 3
armada. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan dapat menjadi rekomendasi dan
pertimbangan bagi perusahaan dalam meminimasi total biaya distribusi pada proses
pendistribusian.
Kata kunci: Algoritma Large Neighbourhood Search; CVRPTW; pelanggan prioritas
xv
ABSTRACT
PT Subur Mulya Sejahtera Solo is a distributor of frozen food products
under the brand Kanzler for the Solo Raya region and its surroundings. One of the
distribution activities that encounters issues is the process of delivering products to
customers using 4 fleets owned by the company. The total load capacity of all fleets
far exceeds the average daily demand during the peak demand period, resulting in
a significant amount of leftover fleet capacity. Additionally, another issue is that
fleet assignments are still done conventionally, which affects the total distance
travelled by the fleets and the distribution costs. To address this, it is necessary to
determine the optimal number of fleets and the shortest routes for these fleets to
minimise total distribution costs.
This research addresses a problem by developing a Capacitated Vehicle
Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) model, adapted from Solomon
(1987). The model incorporates a heterogeneous fleet, time windows, and specific
service times for priority customers. To solve the problem, a Large Neighbourhood
Search (LNS) algorithm is implemented using Visual Basic for Applications (VBA)
in Microsoft Excel. The objective is to create a model that minimizes total
distribution costs by determining optimal routes and distribution quantities while
accommodating service times for priority customers. The results demonstrate that
the proposed model effectively optimizes distribution parameters to achieve
minimum total distribution costs.
Based on the problem solving carried out using the model development
method, the results show that decision distribution parameters can be minimized. A
comparison with actual conditions resulted in a 15.95% reduction in total travel
distance and a 21.84% reduction in total distribution cost by maximizing the
number of owned fleets to three. Therefore, the research conducted can serve as a
recommendation and consideration for companies in minimizing total distribution
costs in the distribution process.
Keywords: Large Neighbourhood Search Algorithm; CVRPTW; priority customers
xvi

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Large Neighbourhood Search Algorithm; CVRPTW; priority customers
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Teknik Industri
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:51
Last Modified: 26 Nov 2025 01:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45814

Actions (login required)

View Item View Item