RIYANTI, DWI (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan hidup mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual (IQ) semata, tetapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan lain yaitu kecerdasan emosional (EQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur mulai pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi tingkat akhir fakultas ekonomi Universitas Islam Indonesia, Universitas Atmajaya Yogyakarta dan STIE YKPN. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 135 responden terpilih dari 200 kuisioner yang telah disebarkan kepada rerponden. Untuk menjawab perumusan, tujuan dan hipotesis penelitian maka analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Variabel-variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial; sedangkan variabel terikatnya adalah tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa (Indeks Prestasi Kumulatif). Data yang diperoleh dengan bantuan software SPSS 16. Berdasarkan hasilnya, dari lima hipotesis yang dikemukakan, hipotesis 1, 2, dan 3 diterima yang menyatakan bahwa pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Sedangkan hipotesis 4 dan 5 ditolak yang menyatakan bahwa empati dan keterampilan sosial tidak bepengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Banyak faktor-faktor kecerdasan emosional yang berpengaruh dalam kehidupan individual, dalam hal ini mahasiswa. Misalnya faktor tekanan mental, lingkungan pergaulan, trauma kegagalan, masalah pribadi, kegiatan diluar kampus (bekerja), budaya, atau bisa saja disebabkan oleh perilaku belajar mahasiswa. Kata Kunci : Kecerdasan emosional (EQ), Tingkat Pemahaman Akuntansi (IPK), pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial. College student live success not influence by intellectual intelligence (IQ) only, but also influence by other intelligence such as emotional intelligence (EQ). Purpose of this research was to found whether emotional intelligence influence accountancy understanding level. Emotional intelligence measured began from self introduction, self control, motivation, empathy, and social ability, whereas accountancy understanding level was measured based on Cumulative Achievement Index value (IPK). The population in this study is the final level accounting student of economic faculty of the Universitas Islam Indonesia, Universitas Atmajaya Yogyakarta, STIE YKPN. The sample in this research is 135 respondents was selected from the 200 questionnaires that had been distributed to rerponden. To answer formulation, objectives and hypotheses of this research so the analysis used is multiple linear regression analisys. Independent variable within this research was self introduction, self control, motivation, empathy, and social ability; whereas adhered variable was accountancy understanding level of student (Cumulative Achievement Value). Data obtained supported by software SPSS 16. .Based on the result, from five hypothesis stated, hypothesis 1, 2, and 3 were accepted which stated that self introduction, self control, motivation were have influence to accountancy understanding level of student. Whereas both hypothesis 4 and 5 were rejected which stated that both empathy and social ability have no influence to accountancy understanding level. Much emotional intelligence factors which influence to individual daily live, in this case was student. For example mental depression factor, social intercourse environment, failure trauma, personal problem, activity out of campus (working), culture or could be caused by learning student behavior. Keywords: Emotional intelligence (EQ), Accountancy Understanding Level (IPK), self introduction, self control, motivation, empathy and social ability.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 03:03 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 03:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4556 |
Actions (login required)
View Item |