ANALISIS SEMIOTIKA KEMASAN PRODUK MI INSTAN DALAM MEMBENTUK KOREAN IMAGE

Pusparini, Kurnia Endah (2025) ANALISIS SEMIOTIKA KEMASAN PRODUK MI INSTAN DALAM MEMBENTUK KOREAN IMAGE. Skripsi thesis, UPN "Veteran"Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf] Text
Cover_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Abstrak_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf] Text
Abstrak_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf] Text
Daftar Isi_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153210012_Kurnia Endah Pusparini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://upnyk

Abstract

Desain kemasan berperan penting dalam menyampaikan identitas produk. Mi instan
dengan positioning Korea memanfaatkan elemen visual yang menyematkan unsur
budaya Korea untuk membentuk image Korea di benak konsumen. Penelitian ini
menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dan pendekatan kualitatif
untuk menganalisis sepuluh varian mi instan dari enam merek lokal Indonesia yang
mengusung rasa Korea (Indomie “Korean Ramyeon Series”, Mie Sedaap Selection,
Sarimi, Lemonilo, Ladang Lima, dan Bakmi Mewah). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa merek mi instan dalam subjek penelitian memodifikasi desain
kemasan dengan elemen visual budaya Korea, seperti warna, ilustrasi, tipografi,
simbol, dan layout secara eksplisit hingga implisit. Selain itu, ditemukan
penggunaan ikonografi khas Korea serta visualisasi rasa pedas yang membentuk
mitos bahwa makanan Korea identik dengan cita rasa pedas. Meskipun positioning
Korea ditonjolkan melalui elemen visual, visualisasi sajian mi instan cenderung
universal dan lebih mengedepankan daya tarik rasa daripada unsur budaya spesifik.
Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi positioning Korea dalam desain
kemasan membentuk ideologi bahwa produk yang menggunakan image Korea
dianggap eksklusif. Hal ini mengindikasikan bahwa merek lebih menekankan
konstruksi image visual yang berasosiasi dengan budaya modern daripada
peningkatan kualitas produk.
Kata kunci: Kemasan, Desain Komunikasi Visual, Mi Instan, Positioning Korea,
Semiotika

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Kurnia Endah Pusparini (Penulis - 153210012); Revta Fariszy (pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kemasan, Desain Komunikasi Visual, Mi Instan, Positioning Korea, Semiotika
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:08
Last Modified: 19 Nov 2025 04:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45556

Actions (login required)

View Item View Item