SAMUDERA, LASKASAVA SEPTA ANALISIS RELIABILITAS ALAT MEKANIS DENGAN METODE RELIABILITY BLOCK DIAGRAM (RBD) DI PT SENTOSA LAJU SEJAHTERA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
1. Skripsi Full_112210006_Laskasava Septa S.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
|
Text
2. Cover_112210006_Laskasava Septa S.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
3. Abstrak_112210006_Laskasava Septa S.pdf Download (249kB) |
|
|
Text
4. Lembar Pengesahan_112210006_Laskasava Septa S.pdf Download (112kB) |
|
|
Text
5. Daftar Isi_112210006_Laskasava Septa Samudera.pdf Download (288kB) |
|
|
Text
6. Daftar Pustaka_112210006_Laskasava Septa Samudera.pdf Download (208kB) |
Abstract
ANALISIS RELIABILITAS ALAT MEKANIS DENGAN
METODE RELIABILITY BLOCK DIAGRAM (RBD)
DI PT SENTOSA LAJU SEJAHTERA
Oleh
Laskasava Septa Samudera
NIM: 112210006
(Program Studi Sarjana Teknik Pertambangan)
Keberlanjutan operasional menjadi tantangan utama dalam pengelolaan alat
mekanis modern seperti backhoe excavator dan dump truck pada sistem tambang
terbuka. PT Sentosa Laju Sejahtera sepenuhnya bergantung pada alat mekanis
tersebut untuk mendukung operasional tambang. Pendekatan konvensional dalam
pemeliharaan belum mampu menggambarkan interaksi antar subsistem secara
menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan metode berbasis data untuk memodelkan
reliabilitas sistem secara komprehensif dan merancang pemeliharaan yang lebih
tepat sasaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Reliability
Block Diagram (RBD) untuk menganalisis reliabilitas backhoe excavator EXCA
101_15 dan dump truck R_133. Pemodelan sistem dilakukan melalui blok diagram
RBD untuk menggambarkan konfigurasi fungsional subsistem, dilanjutkan dengan
perhitungan nilai reliabilitas sistem, identifikasi subsistem paling berpengaruh,
serta simulasi waktu pemeliharaan berbasis ambang reliabilitas dengan
mempertimbangkan konsumsi bahan bakar dan emisi CO₂ sebagai faktor
lingkungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas sistem pada kedua alat menurun
seiring waktu dengan nilai reliabilitas EXCA 101_15 turun dari 0,15 menjadi 0,03,
dan DT R_133 dari 0,18 menjadi 0,02 pada rentang 250 hingga 500 jam. Analisis
lebih lanjut mengidentifikasi bahwa subsistem kritis berubah tergantung durasi
operasi. Simulasi preventive maintenance berbasis reliabilitas menunjukkan bahwa
batas ambang reliabilitas 70% menghasilkan efisiensi lingkungan tertinggi dengan
konsumsi bahan bakar dan emisi CO₂ paling rendah sehingga direkomendasikan
sebagai interval optimal jika faktor lingkungan menjadi prioritas.
Kata kunci: RBD, Reliabilitas, Sistem, Subsistem
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | RBD, Reliabilitas, Sistem, Subsistem |
| Subjek: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan |
| Depositing User: | Eko Yuli |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 03:55 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 03:55 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
