SALMA NOVIRA PUTRI, . (2025) PENGARUH TINGKAT TERPAAN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM @AZKO.ID TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN AZKO PASCA REBRANDING. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
1_Cover_153210064_Salma Novira Putri.pdf Download (130kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_153210064_Salma Novira Putri.pdf Download (89kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_153210064_Salma Novira Putri.pdf Download (207kB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_153210064_Salma Novira Putri.pdf Download (48kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_153210064_Salma Novira Putri.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
6_Skripsi Full_153210064_Salma Novira Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Media sosial tidak hanya menjadi sarana komunikasi, tetapi juga medium strategis dalam membangun citra dan loyalitas merek. Salah satu contohnya terlihat pada strategi pemasaran yang dijalankan AZKO melalui akun Instagram @azko.id setelah proses rebranding dari ACE Hardware Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat terpaan social media marketing di Instagram terhadap brand loyalty pelanggan AZKO pasca rebranding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 385 responden di Daerah Istimewa Yogyakarta berupa pelanggan AZKO yang pernah terpapar akun Instagram @azko.id. Instrumen penelitian berupa kuesioner disusun berdasarkan indikator variabel terpaan media (frekuensi, durasi, dan atensi) serta brand loyalty (cognitive, affective, conative, dan behavioral). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat terpaan social media marketing Instagram @azko.id berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty pelanggan AZKO, dengan dengan kontribusi sebesar 52,4%. Indikator durasi menjadi aspek paling dominan, diikuti oleh atensi, yang menunjukkan bahwa meskipun frekuensi paparan tidak selalu tinggi, audiens tetap meluangkan waktu dan perhatian terhadap konten yang disampaikan. Secara umum, tingkat brand loyalty pelanggan tergolong tinggi, namun masih terdapat keraguan pada aspek behavioral loyalty akibat hambatan eksternal seperti ketersediaan produk dan kualitas layanan. Dengan demikian, conative loyalty menjadi tahap loyalitas tertinggi yang telah dicapai pelanggan, sementara transisi menuju behavioral loyalty belum sepenuhnya terwujud. Hasil penelitian ini menegaskan relevansi Theory Of Planned Behavior, bahwa niat positif belum selalu terwujud dalam perilaku aktual.
Kata kunci: Terpaan Media, Brand Loyalty, Social Media Marketing, Rebranding
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Salma Novira Putri (Penulis - 153210064) Kartika Ayu Ardhanariswari (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Terpaan Media, Brand Loyalty, Social Media Marketing, Rebranding |
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 01:30 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 01:30 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
