PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI

YUNIASARI, NURUL (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional (EQ) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya. Penelitian ini menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial, sedangkan pemahaman akuntansi diukur dengan nilai-nilai mata kuliah bidang akuntansi. Yang diwakili oleh mata kuliah PA 1, PA 2, AKM 1, AKM 2, AKL 1, AKL 2, AKMEN, Pengauditan 1, Pengauditan 2, TA. Menggunakan kuesioner yang diambil dari jurnal akuntansi Vol.1 No.2 Novemeber 2009:101-118 oleh Lau tjun-tjun, Santy setiawan, dan Sinta setiana. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengenalan diri dan Motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi sedangkan PEngendalian Diri, Empati, dan Ketrampilan Sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pemahaman Akuntansi. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Pemahaman Akuntansi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 27 Jun 2016 06:26
Last Modified: 27 Jun 2016 06:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item