KAJIAN TEKNIS RENCANA JALAN ANGKUT PADA KEGIATAN PENAMBANGAN DI CV EMPAT JAYA, KAPANEWON PONJONG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUHAMMAD, FIRMAN ROBBY (2025) KAJIAN TEKNIS RENCANA JALAN ANGKUT PADA KEGIATAN PENAMBANGAN DI CV EMPAT JAYA, KAPANEWON PONJONG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf] Text
2. COVER_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf] Text
3. ABSTRAK_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PENGESAHAN_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf] Text
5. DAFTAR ISI_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 1. FULL TEXT_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf] Text
1. FULL TEXT_112180100_FIRMAN ROBBY MUHAMMAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)

Abstract

CV Empat Jaya merupakan perusahaan tambang batu gamping yang
berlokasi di Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa
Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rencana geometri jalan
angkut berdasarkan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai dengan
standar Kepmen ESDM No. 1827 K/30/MEM/2018 tentang Kaidah Teknik
Pertambangan yang Baik. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari
perusahaan, termasuk peta rencana penambangan dan spesifikasi alat angkut Dump
Truck PS135.
Analisis dilakukan terhadap beberapa parameter teknis, yaitu lebar jalan,
kemiringan jalan (grade), jari-jari tikungan, superelevasi, dan tinggi tanggul
pengaman. Hasil kajian menunjukkan bahwa lebar jalan pada tikungan dan
sebagian besar segmen lurus telah sesuai standar, kecuali pada segmen A-B yang
memiliki lebar 7,15 m, lebih sempit dari standar minimum 7,35 m. Selain itu,
ditemukan empat segmen jalan dengan kemiringan melebihi batas maksimal 12%,
yaitu mencapai 15–25%.
Kondisi jalan yang tidak sesuai tersebut berpotensi menimbulkan berbagai
bahaya, seperti tabrakan antar alat angkut akibat lebar jalan yang sempit serta
kegagalan pengereman atau ketidakmampuan unit menanjak pada kemiringan
ekstrem. Oleh karena itu, diperlukan pelebaran jalan pada segmen A-B dan
perpanjangan jalan pada segmen B-C hingga E-F guna menurunkan kemiringan
agar sesuai dengan ketentuan. Evaluasi ini diharapkan dapat membantu perusahaan
dalam meminimalisir risiko kecelakaan kerja dan memastikan operasional tambang
berjalan aman dan efisien.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: FIRMAN ROBBY MUHAMMAD (Penulis-112180100) ; (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Tambang batu gamping, alat angkut, Gunungkidul
Subjek: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:26
Last Modified: 14 Oct 2025 01:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44298

Actions (login required)

View Item View Item