HAIRANI, AMADIA SEKAR (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI OPTIMASI BERKAS TAGIHAN BPJS MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL (STUDI KASUS: RS PANTI RAPIH). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
ABSTRAK_123210049_AMADIA SEKAR HAIRANI.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
COVER_123210049_AMADIA SEKAR HAIRANI.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI_123210049_AMADIA SEKAR HAIRANI.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_123210049_AMADIA SEKAR HAIRANI.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING_123210049_AMADIA SEKAR HAIRANI.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI_123210049_AMADIA SEKAR HAIRANI.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULLTEXT_123210049_AMADIA SEKAR HAIRANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Proses penagihan berkas klaim BPJS Kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat lanjut
seringkali menghadapi serangkaian hambatan dan tantangan karena beberapa faktor seperti
tingginya volume pasien, keterbatasan jumlah petugas koding yang kompeten, serta
ketergantungan pada sistem manual atau kurang terintegrasi, kerap menyebabkan inefisiensi,
dan keterlambatan dalam siklus penagihan. Studi kasus yang dilakukan di RS Panti Rapih
mengidentifikasi secara spesifik berbagai kebutuhan kritis akan sebuah sistem yang mampu
mengoptimalkan seluruh alur proses penyiapan dan pengelolaan berkas klaim BPJS. Oleh
karena itu, penelitian ini berfokus pada pengembangan sebuah aplikasi optimasi berkas
tagihan BPJS, dengan tujuan utama untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan klaim
BPJS Kesehatan.
Metodologi pengembangan yang diterapkan dalam proyek ini adalah Model
Waterfall, sebuah pendekatan sekuensial yang terstruktur. Proses pengembangan diawali
dengan fase analisis kebutuhan yang komprehensif, diikuti dengan desain sistem secara
detail yang menerjemahkan kebutuhan bisnis ke dalam spesifikasi teknis. Tahap
implementasi melibatkan pembangunan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP
untuk logika backend dan MySQL sebagai sistem manajemen basis data lokal. Aspek krusial
dari implementasi adalah integrasi aplikasi dengan API VClaim BPJS Kesehatan. Integrasi
ini tidak dilakukan secara langsung ke API publik, melainkan melalui perantara WebService
E-Klaim lokal yang terinstal di RS Panti Rapih, yang berfungsi sebagai proxy untuk
menangani kompleksitas komunikasi, termasuk proses enkripsi dan dekripsi data. Setelah
implementasi, pengujian sistem dilakukan secara menyeluruh dengan dua pendekatan
utama. Blackbox Testing dan User Acceptance Testing (UAT) yang dilaksanakan dengan
melibatkan secara langsung tim IPP dari RS Panti Rapih, sebagai pengguna akhir yang valid,
untuk mengevaluasi kesesuaian aplikasi dengan proses bisnis aktual dan tingkat penerimaan
pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berhasil
mengimplementasikan seluruh kebutuhan fungsional maupun non-fungsional, hal ini
terbukti dari tingkat kelulusan skenario pengujian yang tinggi. Dari perspektif pengguna,
hasil kuesioner UAT mengindikasikan penerimaan yang sangat positif, di mana mayoritas
responden menyatakan Aplikasi ini dapat menyajikan data dengan akurat dan dapat
mempercepat proses penggabungan berkas tagihan BPJS. Dengan demikian, aplikasi ini
berhasil mengoptimalkan proses penagihan berkas BPJS, dan memberikan solusi efektif
untuk peningkatan efisiensi dan akurasi di RS Panti Rapih.
Kata Kunci: Aplikasi Optimasi, Berkas Tagihan BPJS, Model Waterfall, Pengujian
Blackbox, User Acceptance Testing
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Optimasi, Berkas Tagihan BPJS, Model Waterfall, Pengujian Blackbox, User Acceptance Testing |
Subjek: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Informatika |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:32 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:32 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |