STRATEGI BRASIL UNTUK MENINGKATKAN PARIWISATA MELALUI PIALA DUNIA 2014

Adyatama, Fahmi Hasan (2025) STRATEGI BRASIL UNTUK MENINGKATKAN PARIWISATA MELALUI PIALA DUNIA 2014. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf] Text
Cover_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Abstrak_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf] Text
Abstrak_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf] Text
Lembar Pengesahan_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Daftar Isi_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf] Text
Daftar Isi_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf] Text
Daftar Pustaka_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf] Text
Skripsi Fulltext_151180059_Fahmi Hasan Adyatama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi apa saja yang digunakan oleh Brasil
untuk meningkatkan pariwisata melalui acara olahraga bernama Piala Dunia 2014.
Sejak abad ke-20 pendapatan utama Brasil sudah beralih dari manufaktur ke sektor
pariwisata yang memicu Brasil untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala
Dunia pada tahun 2014, lantas menjadi menarik untuk diteliti bagaimana sebuah
negara yang sudah tumbuh menjadi negara pariwisata mengorganisir sebuah acara
besar seperti Piala Dunia. Inovasi dan strategi apa saja yang dilakukan oleh Brasil
untuk meningkatkan pariwisatanya saat Piala Dunia, mengingat ada beberapa
faktor yang menjadi tantangan bagi Brasil diantaranya tingkat kriminalitas yang
tinggi, protes dari masyarakat yang merasa tidak adil dengan anggaran Piala Dunia,
dan infrastruktur yang belum memadai. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif untuk mengkaji secara mendalam strategi apa saja yang
digunakan oleh Brasil, hasil penelitian mengatakan Brasil berhasil untuk
meningkatkan pariwisata saat Piala Dunia 2014 dengan menggunakan diplomasi
publik, yaitu manajemen berita dan komunikasi strategis.
Kata kunci: Brasil, Piala Dunia, Dioplomasi Publik, Strategi, Media masa

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Fahmi Hasan Adyatama (Penulis-151180059) ; Reza Prima Yanti (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Brasil, Piala Dunia, Dioplomasi Publik, Strategi, Media masa
Subjek: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:56
Last Modified: 11 Aug 2025 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43476

Actions (login required)

View Item View Item