PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE PAYLATER DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT GENERASI Z DI KOTA YOGYAKARTA

Nugroho, Setyawan (2025) PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE PAYLATER DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT GENERASI Z DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_153180113_Setyawan Nugroho.pdf] Text
2_Cover_153180113_Setyawan Nugroho.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_153180113_Setyawan Nugroho.pdf] Text
3_Abstrak_153180113_Setyawan Nugroho.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_153180113_Setyawan Nugroho.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_153180113_Setyawan Nugroho.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_153180113_Setyawan Nugroho.pdf] Text
5_Daftar Isi_153180113_Setyawan Nugroho.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_153180113_Setyawan Nugroho.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_153180113_Setyawan Nugroho.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_153180113_Setyawan NUgroho.pdf] Text
1_Skripsi Full_153180113_Setyawan NUgroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi besar dalam sektor keuangan,
salah satunya melalui hadirnya layanan fintech seperti Paylater. Shopee Paylater menjadi salah
satu layanan buy now pay later yang paling populer, terutama di kalangan generasi milenial dan
generasi Z. Data dari OJK menunjukkan bahwa angka kredit macet (NPF) layanan Paylater sempat
melampaui ambang batas aman, dengan mayoritas kasus berasal dari generasi Z. Hal ini
mengindikasikan bahwa banyak pengguna belum memahami risiko penggunaan fitur ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena penggunaan Shopee Paylater melalui terpaan
iklan terhadap generasi muda di era digital. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang
merupakan Gen-Z di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive
sampling dan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi linear
sederhana dan dilakukan pengujian asumsi klasik terlebih agar memenuhi kriteria BLUE (Best,
Linear, Unbiased, and Estimated). Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:
Terpaan Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Shopee Paylater. Pengaruh
terpaan iklan terhadap minat beli Shopee Paylater terbukti positif dan signifikan, sebesar 48,7%.
Iklan yang muncul secara konsisten, menarik, dan relevan terutama melalui Youtube mampu
meningkatkan kesadaran, ketertarikan, dan kepercayaan konsumen, khususnya Generasi Z.
Namun, meski efektif mendorong minat beli, intensitas paparan iklan juga berisiko menumbuhkan
perilaku konsumtif tanpa pertimbangan finansial matang.
Kata Kunci: Terpaan Iklan, Minat Beli, Shopee Paylater, Gen-Z

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Setyawan Nugroho (Penulis-153180113) ; Dewi Novianti (Pembimbing 1) , Panji Dwi Ashrianto (Pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Minat Beli, Shopee Paylater, Gen-Z
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:49
Last Modified: 24 Jul 2025 01:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43259

Actions (login required)

View Item View Item