DEWI, KOMALA (2025) OPTIMASI PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT BATUBARA DENGAN CLOSED CYCLIC QUEUE MODEL DI PT BUKIT ASAM TBK. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_112210012_Komala Dewi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
2. Cover_112210012_Komala Dewi.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_112210012_Komala Dewi.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_112210012_Komala Dewi.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_112210012_Komala Dewi.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_112210012_Komala Dewi.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK
OPTIMASI PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT
BATUBARA DENGAN CLOSED CYCLIC QUEUE MODEL
DI PT BUKIT ASAM TBK
Oleh
Komala Dewi
NIM: 112210012
(Program Studi Sarjana Teknik Pertambangan)
PT Bukit Asam Tbk. merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan
batubara yang terletak di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.
Permasalahan yang ada pada saat penelitian yaitu sasaran produksi pada lokasi
pemuatan 3010-06 dan 3010-07 sebesar 120.000 ton/bulan belum tercapai. Hasil
produksi sangat dipengaruhi oleh kemampuan alat gali muat dan alat angkut
batubara, maka dari itu produktivitas alat mekanis tersebut harus optimal agar dapat
memenuhi sasaran produksi perusahaan.
Faktor yang berpengaruh terhadap produksi batubara di lokasi penelitian ini yaitu
efisiensi kerja dan lebar jalan angkut. Waktu hambatan yang besar berengaruh pada
menurunnya efisiensi kerja dan adanya penyempitan jalan akibat material sisa
menyebabkan kecepatan truk jungkit menurun, sehingga waktu edar meningkat.
Ketercapaian dari sasaran produksi hanya sebesar 101.108,04 ton/bulan.
Alternatif perbaikan untuk optimasi produksi batubara antara lain, menekan waktu
hambatan sehingga produksi menjadi 116.457,36 ton/bulan, dengan perbaikan jalan
angkut menjadi 119.308,12 ton/bulan, dengan penjadwalan siklus kerja truk jungkit
menjadi 119.744,36 ton/bulan sehingga waktu tunggu hilang, serta dengan
perbaikan lebar jalan angkut serta penjadwalan siklus kerja truk jungkit dengan
ketercapaian produksi menjadi 136.603,22 ton/bulan. Perbaikan yang paling
optimal dari keempat itu adalah dengan perbaikan lebar jalan angkut dan
penjadwalan siklus kerja truk jungkit dari teori antrian, dikarenakan dapat mencapai
sasaran produksi.
Kata kunci: optimasi, produksi, antrian putaran.
vi
ABSTRACT
OPTIMIZATION OF COAL LOADING AND HAULING
EQUIPMENT PRODUCTION USING CLOSED CYCLIC QUEUE
MODEL AT PT BUKIT ASAM TBK
By
Komala Dewi
NIM: 112210012
(Mining Engineering Undergraduated Program)
PT Bukit Asam Tbk. is a coal mining company located in Tanjung Enim, Muara
Enim Regency, South Sumatra. The issue encountered during this study is that the
production target of 120,000 tons/month at loading locations 3010-06 and 3010-07
has not been achieved. Production output is significantly influenced by the
performance of coal loading and hauling equipment; therefore, the productivity of
these mechanical units must be optimized to meet the company’s production targets.
The factors affecting coal production at the research site include work efficiency
and the width of the hauling road. Significant delay times reduce operational
efficiency, while road narrowing due to residual material decreases the speed of
dump trucks, thereby increasing cycle time. The production target achieved was
only 101,108.04 tons/month.
Several improvement alternatives were proposed to optimize coal production at the
research site. These include reducing operational delays, which increased
production to 116,457.36 tons/month; improving hauling road conditions, resulting
in 119,308.12 tons/month; and rescheduling the dump truck work cycle, which
reduced waiting time and increased production to 119,744.36 tons/month. The
highest production achievement, 136,603.22 tons/month, was obtained by
combining road widening with optimized scheduling of dump truck cycles. Among
these four alternatives, the most effective and optimal solution is the integration of
road widening and dump truck cycle rescheduling based on queuing theory, as it
enables the production target to be fully achieved.
Keywords: optimization, production, cyclic queue.
vii
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | optimization, production, cyclic queue. |
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > Teknik Pertambangan (S1) |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:32 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 06:32 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |