EFEKTIVITAS PENGUNAAN KEY OPINION LEADER (dr. Tirta) TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI BRAND AWARENESS PADA BRAND SEPATU LOKAL

Hakim, Muhammad Ikhsan (2025) EFEKTIVITAS PENGUNAAN KEY OPINION LEADER (dr. Tirta) TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI BRAND AWARENESS PADA BRAND SEPATU LOKAL. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf] Text
2_Cover_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf] Text
3_Abstrak_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf] Text
5_Daftar Isi_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf] Text
1_Skripsi Full_152210140_Muhammad Ikhsan Hakim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan Key
Opinion Leader, yaitu dr. Tirta, terhadap Purchase Decision konsumen melalui
peran Brand Awareness pada brand sepatu lokal. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian explatory research. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang
merupakan pengguna media sosial dan mengetahui promosi brand sepatu lokal oleh
dr. Tirta serta merupakan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini
probability sampling dengan metode yang diterapkan yaitu simple random
sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial, Melalui analisis menggunakan metode
Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) dengan
bootstrapping.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dr. Tirta sebagai KOL memberikan
dampak positif terhadap peningkatan Brand Awareness. Brand Awareness yang
terbentuk tersebut terbukti mendorong konsumen dalam mengambil keputusan
pembelian (Purchase Decision). Selain itu, ditemukan bahwa Brand Awareness
berperan sebagai mediator yang memperkuat pengaruh KOL terhadap keputusan
pembelian (Purchase Decision).
Kata Kunci: Key Opinion Leader, Brand Awareness, Purchase Decision, Sepatu
Lokal, dr. Tirta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ikhsan Hakim (Penulis - 152210140) ; Keny Rahmawati (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Key Opinion Leader, Brand Awareness, Purchase Decision, Sepatu Lokal, dr. Tirta
Subjek: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:21
Last Modified: 23 Jul 2025 01:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43193

Actions (login required)

View Item View Item