STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAWANG GORENG UMKM SALERA SNACK & FOOD JAWA TIMUR DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

SITOHANG, DESLITA (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAWANG GORENG UMKM SALERA SNACK & FOOD JAWA TIMUR DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_135190022_Deslita Sitohang.pdf] Text
2_Cover_135190022_Deslita Sitohang.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_135190022_Deslita Sitohang.pdf] Text
3_Abstrak_135190022_Deslita Sitohang.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_135190022_Deslita Sitohang.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_135190022_Deslita Sitohang.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_135190022_Deslita Sitohang.pdf] Text
5_Daftar Isi_135190022_Deslita Sitohang.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_135190022_Deslita Sitohang.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_135190022_Deslita Sitohang.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1_Skripsi full_135190022_Deslita Sitohang.pdf] Text
1_Skripsi full_135190022_Deslita Sitohang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

UMKM Salera Snack & Food merupakan UMKM yang bergerak di bidang
pengolahan pangan yaitu bawang goreng. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengidentifikasi model bisnis UMKM Salera Snack & Food dalam kerangka BMC,
dan (2) merumuskan strategi pengembangan usaha yang disarankan untuk UMKM
Salera Snacks & Food. Metodologi yang digunakan adalah analisis deskriptif
kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan penentuan responden
secara purposive yang terdiri atas 1 pemilik dan 4 orang karyawan. Teknik analisis
data secara deskriptif dengan BMC serta dengan analisis SWOT melalui matriks
IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan (1) Business Model Canvas
UMKM Salera Snack & Food digambarkan dalam sembilan elemen meliputi
segmen pelanggan (pelanggan dari usia dan profesi), proposisi nilai (produk
premium), saluran distribusi (website, whatsapp, instagram, shopee, mitra
swalayan, dan ekspedisi), hubungan dengan pelanggan yaitu dengan memberikan
informasi terkait produk dan menangani keluhan yang ada, sumber pendapatan
(penjualan bawang goreng), sumber daya kunci (strategi yang dimiliki owner, skill
karyawan, rumah produksi, modal, dan alat produksi), kegiatan kunci (pembelian
bahan baku, produksi, dan pemasaran), mitra kunci (supplier, dan mitra penjualan),
dan struktur biaya (biaya tetap serta biaya variabel) (2) Strategi pengembangan
usaha bawang goreng UMKM Salera Snack & Food yang berada posisi di sel 5
adalah strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal atau stabilitas dengan
meningkatkan daya saing, memperbaiki operasional, dan memperkuat posisi pasar.
Kata kunci: Analisis SWOT, Bawang Goreng, Business Model Canvas (BMC),
Strategi pengembangan usaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DESLITA SITOHANG (Penulis-135190022) ; (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Bawang Goreng, Business Model Canvas (BMC), Strategi pengembangan usaha
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:53
Last Modified: 17 Jul 2025 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43147

Actions (login required)

View Item View Item