PENGARUHE-WOMTERHADAPREPURCHASEINTENTION MELALUIBRANDEQUITYPENGGUNAIPHONEDIKALANGAN MAHASISWAUPNVETERANYOGYAKARTA

Hafidh, Muhammad Raihan (2025) PENGARUHE-WOMTERHADAPREPURCHASEINTENTION MELALUIBRANDEQUITYPENGGUNAIPHONEDIKALANGAN MAHASISWAUPNVETERANYOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf] Text
Cover_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Abstrak_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf] Text
Abstrak_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf] Text
Halaman Pengesahan_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Halaman Daftar Isi_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf] Text
Halaman Daftar Isi_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Halaman Daftar Pustaka_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf] Text
Halaman Daftar Pustaka_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Full Skripsi_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf] Text
Full Skripsi_153210062_Muhammad Raihan Hafidh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara konsumen dalam
mencari informasi dan membuat keputusan pembelian. Salah satu faktor yang
berperan dalam memengaruhi keputusan tersebut adalah electronic word of mouth
(e-wom), yaitu komunikasi antar konsumen yang dilakukan melalui platform
digital seperti media sosial, forum diskusi, dan situs ulasan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-wom terhadap repurchase intention
dengan brand equity sebagai variabel mediasi pada pengguna iPhone di kalangan
mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 400 responden yang
merupakan mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta sekaligus pengguna iPhone.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dua tahap
dengan bantuan perangkat lunak SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wom berpengaruh positif dan signifikan
terhadap brand equity, serta brand equity juga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap repurchase intention. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin positif e
wom yang diterima konsumen, semakin kuat brand equity yang terbentuk, yang
pada akhirnya meningkatkan niat konsumen untuk melakukan pembelian ulang..
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Brand Equity, Repurchase Intention,
iPhone, Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Raihan Hafidh (Penulis-153210062) ; Basuki (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Brand Equity, Repurchase Intention, iPhone, Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta.
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:41
Last Modified: 17 Jul 2025 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43142

Actions (login required)

View Item View Item