Santi, Ika (2025) PENGARUH TOTAL QUALITY SERVICE DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA ORGANISASI YANG DIMEDIASI OLEH LAYANAN DIGITAL PADA FASILITAS KESEHATAN DI KABUPATEN BANTUL. Tesis thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
02 Cover_241222010_IKA SANTI.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
03 Abstrak_241222010_IKA SANTI.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
04 Lembar Pengesahan_241222010_IKA SANTI.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
05 Daftar Isi_241222010_IKA SANTI.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
06 Daftar Pustaka_241222010_IKA SANTI.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
01 TESIS FULLTEXT_241222010_IKA SANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya kebutuhan akan
layanan kesehatan yang berkualitas dan efisien di era digitalisasi. Semakin
berkembangnya
teknologi,
fasilitas
kesehatan
diharapkan
mampu
mengintegrasikan layanan digital dalam operasionalnya untuk meningkatkan
efektivitas dan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh total quality service dan sistem pengendalian internal terhadap kinerja
organisasi, serta peran layanan digital sebagai variabel mediasi pada fasilitas
kesehatan di Kabupaten Bantul.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui
kuesioner yang disebarkan kepada pemilik atau pengelola fasilitas kesehatan di
Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive
sampling, dengan kriteria fasilitas kesehatan yang telah menerapkan layanan
digital dalam operasionalnya. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan
perangkat lunak SmartPLS. Teknik ini dipilih karena mampu menguji hubungan
langsung maupun tidak langsung antara variabel yang kompleks dalam penelitian
ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Total quality service (TQS)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada fasilitas
kesehatan. Sistem pengendalian internal (SPI) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja organisasi pada fasilitas kesehatan. Total quality service
berpengaruh positif dan signifikan terhadap layanan digital pada fasilitas
kesehatan. Sistem pengendalian internal berpengaruh positif dan signifikan
terhadap layanan digital pada fasilitas kesehatan. Layanan digital berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pada fasilitas kesehatan.
Layanan digital dapat memediasi pengaruh positif dan signifikan antara total
quality service terhadap kinerja organisasi pada fasilitas kesehatan. Layanan
layanan digital dapat memediasi pengaruh positif dan signifikan antara antara
sistem pengendalian internal terhadap kinerja organisasi pada fasilitas kesehatan.
Kata kunci: Total Quality Service, Sistem Pengendalian Internal, Layanan Digital,
Kinerja Organisasi, Fasilitas Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Ika Santi (Penulis - 241222010) ; Titik Kusmantini (Pembimbing 1) ; Hendro Widjanarko (Pembimbing 2) |
Uncontrolled Keywords: | Total Quality Service, Sistem Pengendalian Internal, Layanan Digital, Kinerja Organisasi, Fasilitas Kesehatan |
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen (S2) |
Depositing User: | Indah Lestari |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:39 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |