NIRWANA, ADINDA PERMATA (2025) PENGARUH BEHAVIORAL INTENTIONS, TOURIST SATISFACTION, DESTINATION IMAGE, DAN INFORMATION PROVIDED TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KEMBALI YANG DIMEDIASI OLEH MEDIA SOSIAL PADA WISATAWAN MUSEUM YANG DIKELOLA OLEH IHA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_141210220_Adinda Permata Nirwana.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_141210220_Adinda Permata Nirwana.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_141210220_Adinda Permata Nirwana.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_1412102220_Adinda Permata Nirwana.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_141210220_Adinda Permata Nirwana.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi Full_141210220_Adinda Permata Nirwana.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf Download (861kB) |
Abstract
Data pariwisata di Indonesia menunjukkan bahwa museum menjadi salah satu destinasi
wisata yang minim pengunjung, terutama jika dibandingkan dengan jumlah
pengunjung destinasi wisata lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengelolaan yang
tepat agar museum dapat menjadi destinasi wisata yang lebih hidup. Indonesian
Heritage Agency (IHA) hadir sebagai Badan Layanan Umum yang mengelola cagar
budaya dan museum, dengan berbagai upaya seperti revitalisasi museum,
penyelenggaraan event, dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran.
Penelitian ini mengkaji pengaruh behavioral intentions, tourist satisfaction, destination
image, dan information provided by other travelers terhadap keputusan kunjungan,
dengan media sosial sebagai variabel mediasi. Fokus penelitian adalah pada wisatawan
museum yang dikelola oleh Indonesian Heritage Agency. Metode yang digunakan
adalah kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation
Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan melalui survei terhadap responden yang
telah mengunjungi museum tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua
variabel independen memiliki pengaruh positif terhadap keputusan kunjungan, baik
secara langsung maupun tidak langsung melalui media sosial. Media sosial terbukti
menjadi mediator yang signifikan dalam memperkuat hubungan antara behavioral
intentions, tourist satisfaction, destination image, dan information provided by other
travelers terhadap keputusan berkunjung kembali.
Kata kunci: behavioral intention; tourist satisfaction; destination image; information
provided; media sosial; keputusan berkunjung kembali
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | ADINDA PERMATA NIRWANA (Penulis-141210220) ; Yekti Utami (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | behavioral intention; tourist satisfaction; destination image; information provided; media sosial; keputusan berkunjung kembali |
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1) |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:23 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |