PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-LOYALTY DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI PADA PELANGGAN GO-FOOD DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yumarnis, Apdariza Alfrida (2025) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-LOYALTY DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI PADA PELANGGAN GO-FOOD DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of DRAFT TESIS_APDARIZA ALFRIDA.pdf] Text
DRAFT TESIS_APDARIZA ALFRIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf] Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Service Quality dan E-Trust
terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai variabel mediasi pada pelanggan
GoFood di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan meningkatnya persaingan dalam
industri layanan pesan-antar makanan online, memahami faktor-faktor yang
memengaruhi loyalitas pelanggan menjadi sangat penting bagi keberlanjutan platform.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey dengan pendekatan non
probability sampling, khususnya purposive sampling. Populasi pada penelitian ini
sejumlah 207 pengguna GoFood di Daerah Istimewa Yogyakarta berpartisipasi dalam
penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Partial Least Squares
(PLS) dengan alat analisis SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service
Quality dan E-Trust berpengaruh langsung terhadap E-Satisfaction dan E-Loyalty.
Selain itu, E-Satisfaction terbukti memediasi hubungan antara E-Service Quality dan
E-Trust terhadap E-Loyalty, yang menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan
memainkan peran penting dalam membangun loyalitas jangka panjang. Temuan ini
menegaskan bahwa peningkatan kualitas layanan dan pembangunan kepercayaan
pelanggan dapat meningkatkan kepuasan, yang pada akhirnya memperkuat loyalitas
pengguna GoFood. Penelitian ini memberikan implikasi manajerial bagi platform
layanan pesan-antar makanan online, khususnya dalam meningkatkan keandalan
layanan, memastikan transaksi yang aman, serta menjaga tingkat kepuasan pelanggan
agar tetap loyal.
Kata kunci: E-Service Quality, E-Trust, E-Satisfaction, E-Loyalty, Layanan Pesan
Antar Online.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Apdariza Alfrida Yumarnis (Penulis-241231002) ; M. Irhas Effendi (Pembimbing 1) ; Widhy Tri Astuti (Pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: E-Service Quality, E-Trust, E-Satisfaction, E-Loyalty, Layanan Pesan Antar Online.
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:26
Last Modified: 10 Jul 2025 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43024

Actions (login required)

View Item View Item