NURHARTIONO, NURHARTIONO (2025) PENGARUH EMPLOYER BRANDING, KOMPENSASI, DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP MINAT MELAMAR KERJA (Studi Pada Generasi Z Pencari Kerja di Wilayah Kabupaten Sleman). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2.Halaman Judul_ Nurhartiono _ 152210059.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
3.Abstrak_ Nurhartiono _ 152210059.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
4.Halaman Pengesahan_ Nurhartiono _ 152210059.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
5.Daftar Isi_ Nurhartiono _ 152210059.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
6.Daftar Pustaka_ Nurhartiono _ 152210059.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
1.Skripsi Full_ Nurhartiono _ 152210059.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf Download (861kB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Employer Branding, Kompensasi, dan Karakteristik Individu Terhadap Minat Melamar Kerja (Studi Pada Generasi Z Pencari Kerja di Wilayah Kabupaten Sleman). Ukuran Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Teknik sampling adalah metode non-probability sampling dan penentuan sampel yakni teknik purposive sampling. Data penelitian merupakan data primer. Analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan software IBM SPSS Statistic 29. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan uji hipotesis ( uji T & uji F). Hasil penelitian yang didapatkan bahwa data yang telah diolah menujukkan bahwa Employer Branding (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melamar Kerja (Y), Kompensasi (X2) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Minat Melamar Kerja (Y), dan Karakteristik Individu (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melamar Kerja (Y). Employer Branding (X1), Kompensasi (X2), dan Karakteristik Individu (X3) berpengaruh signifikan baik secara simultan terhadap Minat Melamar Kerja. Berdasarkan hasil penelitian, Generasi Z Pencari Kerja di wilayah Kabupaten Sleman setuju bahwa employer branding yang dilakukan perusahaan itu penting, kemudian dengan mengetahui pembagian kompensasi yang adil, dan kesesuaian kepribadian mereka dengan perusahaan pemberi kerja harus sejalan agar dapat memunculkan minat mereka dalam melamar pekerjaan. Perusahaan perlu untuk membangun branding yang baik agar menarik para calon tenaga kerja Gen Z ini. Gen Z juga merasa selain branding bahwa perusahaan juga perlu secara transparan memberitahukan bagaimana kompensasi yang ditawarkan perusahaan ketika mereka akan melamar pekerjaan. Berbeda dengan generasi sebelumnya juga Gen Z memiliki karakteristik individu yang berbeda-beda, sehingga mereka juga akan cenderung menyesuaikan karakteristik mereka dengan perusahaan yang dituju untuk membuat keputusan dalam melamar pekerjaan.
Kata kunci : Employer branding, Kompensasi, Karakteristik Individu, Minat Melamar Kerja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | NURHARTIONO (Penulis - 152210059) ; Meilan Sugiarto (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Employer branding, Kompensasi, Karakteristik Individu, Minat Melamar Kerja |
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Pambudi |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:15 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:15 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |