ANALISIS STRATEGI PEMASARAN WEDANG UWUH DI PROGRESS JOGJA KABUPATEN BANTUL

Hasibuan, Imam Agus Faisal (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN WEDANG UWUH DI PROGRESS JOGJA KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER.pdf] Text
2. COVER.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK INDO.pdf] Text
3. ABSTRAK INDO.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK ENG.pdf] Text
4. ABSTRAK ENG.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 1. SKRIPSI FULL_135200018_IMAM AGUS FAISAL HASIBUAN.pdf] Text
1. SKRIPSI FULL_135200018_IMAM AGUS FAISAL HASIBUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf] Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf

Download (861kB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dalam
strategi pemasaran wedang uwuh di Progress Jogja, (2) menganalisis alternatif
alternatif strategi pemasaran wedang uwuh di Progress Jogja, (3) menganalisis
strategi pemasaran yang tepat di Progress Jogja. Penelitian menggunakan analisis
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan studi kasus di
Progress Jogja dan pengambilan responden menggunakan Purposive. Metode
pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode
analisis data menggunakan Matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Faktor internal meliputi kekuatan utama yaitu produk
yang berkualitas dan memiliki legalitas PIRT dan Halal, sedangkan kelemahan
utama yaitu kurang mampunyai SDM dalam memanfaatkan teknologi untuk
sarana promosi online dan kurangnya tenaga kerja yang berfokus pada bagian
pemasaran. Faktor eksternal meliputi peluang utama yaitu Tren masyarakat akan
hidup sehat dan teknologi internet yang memudahkan promosi dan penjualan
online, sedangkan ancaman utama yaitu adanya kompetitor produk sejenis
maupun tidak sejenis. (2) alternatif strategi pemasaran wedang uwuh yaitu
mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan
kepuasan dan loyalitas konsumen; melakukan brand Activation; memaksimalkan
pemasaran melalui media sosial dan e-commerce. (3) Strategi pemasaran wedang
uwuh yang tepat di Progress Jogja yaitu memaksimalkan pemasaran melalui
media sosial dan e-commerce.
Kata kunci : Wedang Uwuh, strategi pemasaran, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Imam Agus Faisal Hasibuan (Penulis - 135200018) ; Antik Suprihanti (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Wedang Uwuh, strategi pemasaran, SWOT, QSPM
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: x. Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:37
Last Modified: 08 Jul 2025 01:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42966

Actions (login required)

View Item View Item