Aditya, Rico Fadhlan (2025) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMBINAAN ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover_153200150_Rico Fadhlan Aditya.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
Abstrak_153200150_Rico Fadhlan Aditya.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_153200150_Rico Fadhlan Aditya.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_153200150_Rico Fadhlan Aditya.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_153200150_Rico Fadhlan Aditya.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
Skripsi Fulltext_153200150_Rico Fadhlan Aditya.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar justru menghadapi permasalahan
terkait tindak kejahatan yang melibatkan anak-anak berstatus pelajar. Data dari
Sistem Informasi Gender dan Anak tercatat ada 62 anak yang berhadapan dengan
hukum pada tahun 2021, dan jumlah tersebut meningkat menjadi 101 anak pada
tahun 2022. Anak yang kemudian dinyatakan bersalah menurut hukum akan
menjalani pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Penelitian ini
bertujuan mengetahui strategi komunikasi lembaga pemasyarakatan dalam
pembinaan anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan landasan teori komunikasi interpersonal,
teori penetrasi sosial, dan komunikasi kelompok. Metode yang digunakan kualitatif
deskriptif dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan proses pengenalan anak binaan
dilakukan melalui berbagai tahapan oleh Seksi Registrasi dan Klasifikasi yang
meliputi Penelitian Kemasyarakatan (Litmas), asesmen, serta konseling. Setelah
informasi mengenai kondisi anak binaan diperoleh, Seksi Pembinaan kemudian
menyusun program pembinaan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak binaan.
Pembinaan di LPKA Kelas II Yogyakarta meliputi pembinaan individu dan
pembinaan kelompok. Pembinaan individu melibatkan komunikasi interpersonal
yang dilakukan petugas dengan anak binaan menggunakan prinsip ramah anak dan
menjunjung hak anak. Peran wali sangat penting sebagai pengganti orang tua
selama menjalani masa pembinaan di LPKA Kelas II Yogyakarta. Anak binaan
awalnya merasa takut dengan kehadiran wali karena seperti diawasi. Seiring
berjalan waktu dan anak binaan telah mengetahui fungsi dari wali, mereka mulai
terbuka dengan wali untuk membicarakan permasalahan maupun rencananya
setelah menjalani masa pembinaan. Kedekatan wali dan anak binaan dapat
menunjang pembinaan di LPKA Kelas II Yogyakarta. Pembinaan kelompok yang
melibatkan seluruh anak binaan menggunakan komunikasi kelompok yang
dilakukan oleh petugas atau pemateri dengan memberikan kesempatan bertanya
atau bahkan diskusi dengan anak binaan. Penelitian ini memberikan pengetahuan
mengenai strategi komunikasi lembaga pemasyarakatan dalam pembinaan anak
binaan.
Kata kunci: strategi komunikasi, pembinaan anak binaan, komunikasi
interpersonal, komunikasi kelompok, LPKA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi, pembinaan anak binaan, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, LPKA |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |