NUGROHO, ICHO NUR ARTHUR (2014) Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) berbasis Teknologi Informasi terhadap Kinerja Operasional dan Kinerja Kualitas pada UKM (Studi pada Industri Kerajinan Kulit Di Dukuh Karangasem, Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui praktik total quality management (TQM) berbasis teknologi informasi memiliki dampak positif pada kinerja operasional; (2) Untuk mengetahui praktik total quality management (TQM) berbasis teknologi informasi memiliki dampak positif pada kinerja kualitas. Penelitian ini dilakukan pada industri kerajinan kulit di Dukuh Karangasem, Wukirsari, Imogiri yang terdapat di Kabupaten Bantul. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari hingga Maret 2014. Penelitian ini menggunakan data primer. Penelitian ini menggunakan dengan teknik regresi linier berganda, uji hipotesis dengan adjusted R square, dan tingkat signifikansi. Hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh signifikan dan dampak positif dukungan teknologi informasi terhadap kepemimpinan manajemen puncak terhadap kinerja operasional dan kinerja kualitas, (2) Terdapat pengaruh signifikan dan dampak positif dukungan teknologi informasi terhadap hubungan dengan pelanggan terhadap kinerja operasional dan kinerja kualitas, (3) Dukungan teknologi informasi terhadap hubungan dengan pemasok tidak signifikan dan tidak berdampak positif terhadap kinerja operasional dan kinerja kualitas, (4) Terdapat pengaruh signifikan dukungan teknologi informasi terhadap manajemen tenaga kerja namun tidak terdapatnya dampak positif terhadap kinerja operasional dan kinerja kualitas, (5) Terdapat pengaruh signifikan dan dampak positif dukungan teknologi informasi terhadap desain produk terhadap kinerja operasional dan kinerja kualitas, (6) Terdapat pengaruh signifikan dukungan teknologi informasi terhadap manajemen aliran proses dan tidak terdapatnya dampak positif terhadap kinerja operasional dan kinerja kualitas, (7) Terdapat dampak positif dukungan teknologi informasi terhadap kualitas data dan laporan namun tidak signifikan terhadap kinerja operasional dan kinerja kualitas. Kata kunci: total quality management (TQM), teknologi informasi, kinerja operasional, kinerja kualitas, UKM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 02:23 |
Last Modified: | 23 Jun 2016 02:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4284 |
Actions (login required)
View Item |