Strategi Perancangan City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 Oleh Pemerintah NTB

Nusantara, Indra Kusuma (2011) Strategi Perancangan City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 Oleh Pemerintah NTB. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan Pemerintah Provinsi NTB yang menempatkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan kedua setelah pertanian. Hal ini mendorong Dinas Kebuda yaan dan Pariwisata Provinsi NTB melakukan langkah terobosan dengan men canangkan Visit Lom bok Sumbawa 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganali sis tahapan dan isi perencanaan program City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB. Metode penelitian ini menggunakan ana lisis kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kat a tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku-pe rilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara maupun st udi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 dianalisis berdasarkan model SOSTAC + 3Ms planning system . Elemen-elemen dalam perancangan ko munikasi ini yaitu: Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control , ditambah dengan Men, Money , dan Minutes . Hasil dari perancangan ini adalah Situasi, Dari kajian SWOT, Disbudpar NTB telah mengevaluasi beberapa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimilikinya. Objective, adapun tujuan dari program perancangan City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 di bagi menjadi dua bagian yang pertama ad alah tujuan perancangan, dan tujuan komunikasi. Strategi, Dis budpar NTB melakukan kampanye promosi yang cenderung kepada mempromosikan destinasi dan pencit raan pariwisata NTB atau dengan kata lain promosi image . Taktik, pemanfaatan media ba ik itu media elektronik maupun cetak merupakan langkah yang dilakukan Di sbupar NTB dalam proses perancangan City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012. Ak si/Implementasi, Sebagai implementasi dari strategi dan takt ik yang ditetapkan, program komunikasi City Branding Visit Lombok Sumbawa 2012 yang dirancang Disbudpar NTB dalam jangka waktu mulai dari tahun 2010 sa mpai pada puncaknya yaitu tahun 2012. Kontrol, Kontrol dan evaluasi terhadap program komunikasi Visit Lombok Sumbawa 2012 yang akan dilakukan oleh Disbudpar NTB atas tujuan yang telah ditetapkan belum dilaksanakan dengan detail dan menyeluruh karena keberhasilan pencapaian program hanya diukur melalui indikato r meningkatnya arus kunjungan wisatawan. Sumber Daya Manusia, Merupakan rincia n dari organisasi yang menjalankan program komunikasi ini. Dana, Disbudpa r NTB mendapat alokasi dana melalui APBD Provinsi NTB dalam bentuk Bela nja Tidak Langsung dan Belanja Langsung. Batasan Waktu, City Branding Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012 direncanakan dengan matang melalui empat fase. fase pertama yaitu tahun 2009 merupakan fase formulasi VLS 2012 dengan program launching atau peluncuran secara resmi program ini. Fase kedua pada tahun 2010 yang merupakan fase konsolidasi antara kabupaten dan kota yang akan bersama-sa ma membangun dan menata destinasi wisata berikut sumber daya manusianya. Fa se berikutnya pada tahun 2011 ini adalah fase promosi dengan menetapkan calendar event dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB. Dan terakhi r adalah fase tahun 2012 yang adalah tahun puncak dan merupakan aktualisasi dalam mencapai kunjungan satu juta wisatawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 23 Jun 2016 02:15
Last Modified: 23 Jun 2016 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item