Budiansyah, Andhika Rizky (2025) EVALUASI USER INTERFACE PADA APLIKASI LIVIN BY MANDIRI MENGGUNAKAN NET PROMOTER SCORE (NPS) (Studi pada Mahasiswa FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 Cover_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf Download (166kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Abstrak_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf Download (74kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Lembar Pengesahan_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf Download (163kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Isi_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf Download (100kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Pustaka_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf Download (144kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Skripsi Fulltext_152210001_Andhika Rizky Budiansyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hasil net 
promoter score yang bertujuan untuk menciptakan user-centered interface. Jenis 
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber 
data dalam penelitian ini adalah data primer, diperoleh melalui penyebaran 
kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif 
menggunakan net promoter score. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Livin’ by Mandiri masih 
kurang memuaskan bagi pengguna, dengan dominasi rating bintang satu 
sebanyak 92,73%. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas responden termasuk 
dalam kategori detractor, yang berarti memiliki tingkat loyalitas yang rendah. 
Meski demikian, beberapa responden menganggap Livin' by Mandiri sebagai 
aplikasi yang konsisten dan praktis untuk digunakan, sehingga tidak diperlukan 
bantuan ahli dalam penggunaannya. Namun, meskipun aplikasi ini dinilai praktis, 
beberapa pengguna tetap mengalami kesulitan memahami fitur karena integrasi 
sistem yang belum optimal. 
Berdasarkan temuan penelitian, Livin’ by Mandiri dapat mengambil 
langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Beberapa 
solusi yang dapat diterapkan adalah melalui panduan aplikasi, personalisasi fitur, 
dan usability testing berkala. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan aplikasi 
dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna. 
Kata kunci: Net Promoter Score, User Interface, User Experience, Livin’ by 
Mandiri, User-Centered Design, Customer Satisfaction.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Additional Information: | Andhika Rizky Budiansyah (Penulis-152210001) ; Keny Rahmawati (Pembimbing) | 
| Uncontrolled Keywords: | Net Promoter Score, User Interface, User Experience, Livin’ by Mandiri, User-Centered Design, Customer Satisfaction. | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Indah Lestari | 
| Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:40 | 
| Last Modified: | 18 Jun 2025 02:40 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42755 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
