STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DESA WISATA JELOK, DESA BEJI, KECAMATAN PATUK GUNUNGKIDUL

WARDOYO, TRI (2015) STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DESA WISATA JELOK, DESA BEJI, KECAMATAN PATUK GUNUNGKIDUL. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan pada pariwisata Desa Wisata Jelok yang berlokasi di Dusun Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Jenis data yang di gunakan dala penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan matriks Intetnal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evalution (EFE), Stregth-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix QSPM dengan melalui tiga tahap perumusan strategi. Hasil analisis matrik IFE di ketahui bahwa total skore adalah 2,507347 yang berarti pada saat ini kondisi internal pariwisata Desa Wisata Jelok yang kuat. Hasil analisis matriks EFE diketahui bahwa total nilai skore adalah 1,343056 yang berarti pada saat ini pariwisata Desa Wisata Jelok kurang dalam merespon peluang dan ancaman. Berdasarkan hasil analisis SWOT, di peroleh 8 (delapan) alternatif strategi. Di mana ke delapan alternatif strategi di analisis kembali menggunakan QSPM untuk mendapatkan daftar prioritas strategi. Kedelapan daftar prioritas strategi tersebut adalah 1) Strategi Penciutan dengan cara memperbaiki manajeman. (TAS : 4,6125355). 2) Strategi penetrasi pasar dengan cara menjalin kerjasama dengan investor (TAS : 4,5507722). 3) Strategi penetrasi pasar dengan cara menjalin kerjasama dengan instansi-instansi pemerintah, swasta, instansi pendidikan dan organisasi-organisasi kemasyarakatan (TAS : 3,9742015). 4) Strategi integrasi horizontal dengan cara membuat paket bersama dengan Desa-desa Wisata yang ada di Kecamatan Patuk (TAS : 3,9101688). 5) Strategi penetrasi pasar dengan cara mengintensifkan promosi dengan biaya seminimal mungkin. (TAS : 3,5447782). 6) Strategi pengembnagan produk dengan cara memperbaiki, mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dan daya tarik wisata. (TAS : 3,3746592). 7) Strategi penetrasi pasar dengan cara menambah fasilitas, infrastruktur dan membangun kantor sekretariatan. (TAS : 3,2759277). 8) Strategi penetrsi pasar dengan cara megadakan pelatihan teknologi (khususnya blog, website dan media sosial). (TAS : 3,2265895). Kata kunci : External Factor Evalution, Intetnal Factor Evaluation, SWOT dan QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 23 Jun 2016 00:52
Last Modified: 23 Jun 2016 00:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item View Item