KAJIAN TEKNIS GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG BATUBARA PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DARI FRONT MENUJU DISPOSAL TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT SATRIA BAHANA SARANA, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN

ALWI, RAFLI MIFTAHUL (2025) KAJIAN TEKNIS GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG BATUBARA PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DARI FRONT MENUJU DISPOSAL TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT SATRIA BAHANA SARANA, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf] Text
2. Cover_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf] Text
3. Abstrak_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan_11220057_Rafli Miftahul Alwi.pdf] Text
4. Halaman Pengesahan_11220057_Rafli Miftahul Alwi.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf] Text
5. Daftar Isi_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_112200057_Rafli Miftahul Alwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Kegiatan pengangkutan overburden merupakan salah satu aspek krusial dalam mencapai produktivitas yang telah direncanakan. Namun, pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dari pertimbangan terkait perhitungan geometri jalan. Jalan yang baik akan mendukung terpenuhinya produktivitas alat angkut yang diinginkan. Proses pengangkutan overburden pada PT. Satria Bahana Sarana menggunakan alat angkut Komatsu HD 785-7. Berdasarkan pengamatan di lapangan, jalan angkut pada Pit E sebagian besar belum memenuhi standar geometri jalan yang ditentukan. Hal tersebut dapat meningkatkan waktu edar alat angkut, sehingga produktivitas yang dicapai menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan geometri jalan aktual di lapangan dengan standar geometri jalan yang telah ditentukan secara teoritis berdasarkan sumber yang tersedia, serta membandingkan waktu tempuh alat angkut pada kondisi aktual dan setelah perbaikan jalan dengan menggunakan simulasi rimpull.

Produktivitas alat angkut aktual pada penelitian didapatkan nilai sebesar 112,88 BCM/jam dengan waktu edar alat angkut sebesar 18,45 menit. Perbaikan geometri jalan angkut sesuai dengan ketetapan perusahaan dengan perbaikan secara teoritis menggunakan simulasi rimpull waktu edar alat angkut menjadi 15,65 menit dan produktivitas meningkat menjadi 133,08 BCM/jam dengan kecepatan rata-rata yang didapatkan pada kondisi bermuatan sebesar 23 km/jam dan kondisi tidak bermuatan sebesar 38 km/jam. Hal tersebut menunjukkan peningkatan produktivitas alat angkut melebihi dari target produktivitas perusahaan yaitu 128 BCM/jam.

Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, didapatkan lebar minimum pada jalan lurus adalah sebesar 25 m dan jalan tikungan sebesar 28 m dimana pada jalan lurus terdapat 9 segmen dan 3 segmen yang belum memenuhi standar sedangkan pada jalan tikungan terdapat 6 segmen dan 3 segmen yang belum memenuhi standar lebar minimum. Pada jalan angkut dibagi menjadi 15 segmen dan terdapat 2 segmen yang memiliki grade jalan lebih dari 8% yaitu pada segmen G-H sebesar 9,3% dan H-I sebesar 8,9% sehingga diperlukan perbaikan agar memenuhi standar. Pada segmen jalan tikungan, nilai radius minimum sebesar 53 m , superelevasi 4% dengan beda tinggi dengan tepi jalan sebesar 1,2 m dan terdapat 4 segmen jalan perlu dilakukan perbaikan. Pada jalan angkut ini Cross slope tidak terbentuk sehingga perlu dilakukan perbaikan sesuai standar sebesar 2% dengan beda tinggi pada bagian tengah jalan lurus sebesar 30 cm.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RAFLI MIFTAHUL ALWI (112200057 - Penulis) ; Gunawan Nusanto (Pembimbing)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:24
Last Modified: 14 Apr 2025 02:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42363

Actions (login required)

View Item View Item