PURNOMO, RAHMADEWI CARISSA ASA (2024) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DAN USULAN PERBAIKAN KINERJA MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi kasus di PT Kerta Gaya Pusaka – Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_122200065_Rahmadewi Carissa Asa Purnomo.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
2. Cover_122200065_Rahmadewi Carissa Asa Purnomo.pdf Download (219kB) |
|
Text
3. Abstrak_122200065_Rahmadewi Carissa Asa Purnomo.pdf Download (234kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_122200065_Rahmadewi Carissa Asa Purnomo.pdf Download (59kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_122200065_Rahmadewi Carissa Asa Purnomo.pdf Download (199kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_122200065_Rahmadewi Carissa Asa Purnomo.pdf Download (201kB) |
Abstract
PT Kerta Gaya Pusaka (KGP) Yogyakarta adalah perusahaan jasa ekspedisi
yang menawarkan layanan pengiriman dokumen dan barang ke seluruh wilayah
Indonesia yang berupaya memberikan pelayanan pengiriman yang tepat waktu dan
akurat. Untuk dapat memberikan layanan pengiriman yang tepat waktu dan akurat
maka diperlukan kinerja yang efektif dan efisien. Data perusahaan periode Juli 2023
– Juni 2024 menunjukkan bahwa terjadi keterlambatan keberangkatan pengiriman
sebesar 46%. Perusahaan belum dapat mengetahui penyebab permasalahan karena
belum memiliki sistem untuk mengukur dan mengevaluasi efektivitas kinerjanya
sehingga kesulitan dalam mengidentifikasi masalah mendasar yang menyebabkan
keterlambatan keberangkatan pengiriman serta merumuskan strategi yang tepat
sebagai upaya perbaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan serta
memberikan usulan perbaikan berdasarkan bobot prioritas dan hasil pengukuran
kinerja. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja menggunakan metode
Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja perusahaan dari berbagai aspek yaitu
finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran kinerja perusahaan
keseluruhan telah melampaui skor kinerja yang baik yaitu 1. Perspektif bisnis
internal menjadi perspektif yang memiliki bobot prioritas paling tinggi yaitu 0,477.
Usulan perbaikan diberikan pada perspektif proses bisnis internal pada indikator
dengan persen capaian kinerja terendah yaitu 74,03% pada indikator persentase
keberangkatan outgoing. Usulan perbaikan yang diberikan yaitu mengkonfirmasi
jadwal pengiriman dengan pelanggan, membuat form pendataan bahan baku,
pengoptimalan pembagian tenaga kerja, dan menambah jumlah armada secara
berkala.
Kata Kunci: Kinerja, Pengukuran, Balanced Scorecard, Usulan Perbaikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Pengukuran, Balanced Scorecard, Usulan Perbaikan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 01:57 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 01:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41800 |
Actions (login required)
View Item |