NUGRAHA, ANDI (2024) EVALUASI GEOMETRI JALAN TAMBANG PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DARI FRONT MENUJU DISPOSAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT MITRA MULTI INDOMINING JOBSITE PT MULTI HARAPAN UTAMA, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Skripsi Fulltext_112200036_Andi Nugraha.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
Abstrak_112200036_Andi Nugraha.pdf Download (244kB) |
|
Text
Cover_112200036_Andi Nugraha.pdf Download (180kB) |
|
Text
Pengesahan_112200036_Andi Nugraha.pdf Download (299kB) |
|
Text
Daftar Isi_112200036_Andi Nugraha.pdf Download (266kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_112200036_Andi Nugraha.pdf Download (194kB) |
Abstract
Pada kegiatan pengangkutan overburden, jalan tambang merupakan
parameter penting untuk menunjang kinerja alat angkut. Jalan yang baik akan
mendukung terpenuhinya produktivitas alat angkut yang diinginkan. Proses
pengangkutan overburden pada PT. Mitra Multi Indomining job site PT. Multi
Harapan Utama menggunakan alat angkut Sany SKT 105S. Berdasarkan
pengamatan dilapangan, jalan angkut pada pit B4 sub blok LGG sebagian besar
belum memenuhi standar geometri jalan yang berlaku. Kondisi tersebut dapat
meningkatkan waktu edar dari alat angkut dan produktivitas yang dihasilkan tidak
optimal. Penelitian ini untuk membandingkan geometri jalan aktual di lapangan
dengan standar geometri jalan secara teoritis menurut sumber yang ada serta
membandingkan lamanya waktu tempuh alat angkut dalam kondisi aktual dan
setelah perbaikan jalan secara teoritis menggunakan simulasi rimpull.
Pada penelitian ini dimulai dengan mencari referensi pustaka yang berkaitan
dengan pokok bahasan, sehingga dapat dijadikan kerangka acuan untuk suatu
bahasan. Kemudian dilakukan pengamatan secara langsung di lapangan untuk
mendapatkan data primer dan data sekunder. Data yang terkumpul dilakukan
pengolahan data kemudian dianalisis untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi
produktivitas alat angkut. Berdasarkan hasil analisin dapat ditarik kesimpulan
mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan, sehingga menghasilkan solusi serta
rekomendasi dalam menyelesaikan masalah.
Hasil dari penelitian diperoleh untuk lebar jalan angkut overburden berkisar
antara 14-28 meter, sedangkan secara teori lebar jalan minimal yang dianjurkan
adalah 14 meter untuk jalan lurus dan 16 meter untuk jalan tikungan, maka untuk
lebar jalan aktual sudah memenuhi standar minimum. Data grade jalan yang
didapatkan bervariasi, dengan nilai minimum sebesar 1% pada segmen 1F-A dan
maksimum sebesar 13% pada segmen 2B-2C. Untuk superelevasi didapatkan hasil
terkecil sebesar 0,01 m/m pada segmen C-D dan hasil terbesar 0,04 m/m pada
segmen 2D-2E. Hasil pengamatan di sepanjang jalan angkut menunjukkan tidak
terbentuk cross slope.
Adanya perbedaan antara kondisi aktual dan perbaikan secara teoritis
berpengaruh terhadap capaian produktivitas alat angkut. Berdasarkan perhitungan
menunjukkan bahwa dari data aktual lapangan didapatkan produktivitas alat angkut
pada fleet EX676 sebesar 73,56 BCM/jam sedangkan fleet EX680 sebesar 73,15
BCM/jam. Setelah dilakukan perbaikan pada geometri jalan kemudian dilakukan
simulasi rimpull, maka didapatkan peningkatan produktivitas pada fleet EX676
sebesar 91,15 BCM/jam dengan presentase ketercapaian menjadi 101% sedangkan
fleet EX680 sebesar 90,24 BCM/jam dengan presentase ketercapaian menjadi
100%. Hal tersebut menujukan dengan perbaikan secara teoritis dapat dicapai dari
target produktivitas yang telah ditentukan oleh perusahaan sebesar 90 BCM/Jam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometri Jalan Tambang, Produktivitas Alat Angkut, Simulasi Rimpull |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 03:56 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41539 |
Actions (login required)
View Item |