RANCANG ULANG DESAIN USER INTERFACE (UI) & USER EXPERIENCE (UX) PADA WEBSITE UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

NAVIA, KHIKMA (2024) RANCANG ULANG DESAIN USER INTERFACE (UI) & USER EXPERIENCE (UX) PADA WEBSITE UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_TA_KHIKMA_NAVIA.PDF] Text
COVER_TA_KHIKMA_NAVIA.PDF

Download (72kB)
[thumbnail of ABSTRAK_TA_KHIKMA_NAVIA.PDF] Text
ABSTRAK_TA_KHIKMA_NAVIA.PDF

Download (72kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI_TA_KHIKMA_NAVIA.PDF] Text
DAFTAR_ISI_TA_KHIKMA_NAVIA.PDF

Download (118kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_TA_KHIKMA_NA.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA_TA_KHIKMA_NA.PDF

Download (151kB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_TA_KHIKMA.PDF] Text
LEMBAR_PENGESAHAN_TA_KHIKMA.PDF

Download (437kB)
[thumbnail of NASKAH_TA_KHIKMA_NAVIA.PDF] Text
NASKAH_TA_KHIKMA_NAVIA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta telah lama memanfaatkan teknologi
informasi berupa website dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Namun pengguna
mengeluhkan bahwa website tersebut memiliki tampilan yang membosankan dan banyak hal
yang tidak konsisten di dalamnya. Selain itu pengguna juga mengalami beberapa kesulitan
saat menggunakannya, seperti sulit menemukan dan memahami informasi yang disajikan
serta sulit memahami istilah-istilah asing pada website. Sehingga hal tersebut menjadi
urgensi untuk dilakukannya perbaikan pada website yang sangat dibutuhkan oleh
mahasiswa, terlebih mahasiswa akhir karena informasi berpusat di perpustakaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dan memperbaiki desain user
interface dan user experience pada website UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
menggunakan metode usability testing, system usability scale (SUS), dan user centered
design (UCD). Pengumpulan data dilakukan kepada 7 orang pengguna yang merupakan
mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 untuk mengetahui permasalahan usability pada website.
Terdapat 5 aspek usability yang perlu diukur menurut Nielsen (2012), yaitu learnability,
efficiency, errors, memorability, dan satisfaction. Pada evaluasi awal terhadap website,
diperoleh nilai satisfaction berupa skor SUS sebesar 36,07 yang berarti desain website masuk
dalam kategori tidak dapat diterima oleh pengguna, sehingga dilakukan perancangan desain
solusi dalam bentuk prototype. Hasil perancangan desain solusi ini menghasilkan
peningkatan nilai learnability dari 73,21% menjadi 91,96%, nilai efficiency dari 0,0679
goals/sec menjadi 0,1691 goals/sec, nilai errors dari 0,13 menjadi 0,054, nilai memorability
dari 2,93 menjadi 4,43, dan nilai satisfaction dari 36,07 menjadi 84,29.
Berdasarkan hasil perancangan desain solusi sesuai permasalahan dan saran dari
pengguna, maka dapat disimpulkan bahwa perancangan desain solusi menggunakan metode
UCD lebih baik dari desain website saat ini. Desain solusi yang telah sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan pengguna ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi perbaikan
tampilan website. Hal ini didukung dengan hasil pengujian menggunakan metode usability
testing dan SUS yang menunjukkan bahwa rekomendasi prototype mampu meningkatkan
kemudahan dan kenyamanan pengguna.
Kata Kunci: user interface, user experience, user centered design, usability testing, system
usability scale, perpustakaan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: user interface, user experience, user centered design, usability testing, system usability scale, perpustakaan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:25
Last Modified: 23 Sep 2024 07:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41253

Actions (login required)

View Item View Item