ANALISIS GEOMETRI JALAN ANGKUT DARI FRONT PENAMBANGAN SIDEWALL TIMUR MENUJU DISPOSAL ICBT PIT 3 TIMUR BANKO BARAT PT BUKIT ASAM TBK TANJUNG ENIM KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN

WASKITO, GALIH BUDI (2024) ANALISIS GEOMETRI JALAN ANGKUT DARI FRONT PENAMBANGAN SIDEWALL TIMUR MENUJU DISPOSAL ICBT PIT 3 TIMUR BANKO BARAT PT BUKIT ASAM TBK TANJUNG ENIM KABUPATEN MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_112200135_Galih Budi Waskito.pdf] Text
Abstrak_112200135_Galih Budi Waskito.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_112200135_Galih Budi Waskito.pdf] Text
Skripsi Fulltext_112200135_Galih Budi Waskito.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Abstrak_112200135_Galih Budi Waskito.pdf] Text
Abstrak_112200135_Galih Budi Waskito.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Isi_112200135_Galih Budi Waskito.pdf] Text
Daftar Isi_112200135_Galih Budi Waskito.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_112200135_Galih Budi Waskito.pdf] Text
Daftar Pustaka_112200135_Galih Budi Waskito.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_112200135_Galih Budi Waskito.pdf] Text
Lembar Pengesahan_112200135_Galih Budi Waskito.pdf

Download (751kB)

Abstract

Kegiatan pengangkutan merupakan salah satu faktor penting dalam
mencapai target produktivitas yang direncanakan namun dalam kenyataannya
proses pengangkutan tidak lepas dari perhitungan geometri jalan yang harus
dipertimbangkan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, sebagian besar
jalan angkut yang terdapat pada PT Bukit Asam Tbk pada Pit 3 Banko Barat dari
front penambangan 3006 sampai disposal ICBT (Inpit Conveyor Banko Tengah)
belum memenuhi standar geometri jalan yang ditetapkan. Kondisi jalan yang tidak
sesuai tersebut akan menyebabkan beberapa masalah yaitu kecepatan alat angkut
tidak optimal, memperbesar nilai total waktu edar alat angkut dan menurunkan nilai
produktivitas alat angkut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ukuran standar
geometri jalan angkut yang ideal sesuai dengan ketetapan dan meningkatkan
produktivitas alat angkut setelah dilakukan perbaikan secara teoritis melalui
simulasi rimpull dengan tujuan sebagai usulan perbaikan yang dapat menjadi
masukan untuk perusahaan. Pada penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif
yang dimulai dengan mengkaji literatur, melakukan pengamatan di lapangan untuk
mendapatkan data primer dan data sekunder. Data yang terkumpul dilakukan
analisis untuk menghasilkan alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah. Proses
pengangkutan overburden di PT Bukit Asam Tbk dilakukan dengan menggunakan
alat angkut RT Belaz 75135.
Hasil dari penelitian di lapangan diperoleh lebar minimum pada jalan lurus
adalah sebesar 24,5 m dan jalan tikungan sebesar 28,7 m dimana pada jalan lurus
terdapat 11 segmen dan 4 segmen yang belum memenuhi standar sedangkan pada
jalan tikungan terdapat 5 segmen dan kelima segmen tersebut belum memenuhi
standar lebar minimum. Grade jalan pada segmen I-J diperbaiki menjadi 8% dari
kondisi aktual sebesar 9,4% terdapat 8 segmen yang sudah memenuhi standar. Pada
segmen jalan tikungan, nilai radius minimum sebesar 58,33 m dan terdapat 2
segmen jalan yang belum memenuhi dan superelevasi jalan perlu dilakukan
perbaikan karena belum memenuhi superelevasi minimum dengan membuat beda
tinggi dengan tepi jalan sebesar 1,4 m. Pada jalan angkut ini Cross slope tidak
terbentuk sehingga perlu dilakukan perbaikan sesuai standar sebesar 2% dengan
beda tinggi pada bagian tengah jalan lurus sebesar 24,5 cm.
Produktivitas alat angkut aktual pada penelitian didapatkan nilai sebesar
593,1 BCM/jam dengan waktu edar alat angkut sebesar 23,61 menit. Perbaikan
geometri jalan angkut sesuai dengan ketetapan perusahaan dilanjutkan dengan
perbaikan secara teoritis menggunakan simulasi rimpull waktu edar alat angkut
menjadi 13,33 menit dan produktivitas meningkat menjadi 1.050 BCM/jam dengan
kecepatan rata-rata yang didapatkan pada kondisi bermuatan sebesar 24 km/jam dan
kondisi kosong sebesar 37 km/jam. Hal tersebut menunjukkan peningkatan
produktivitas alat angkut melebihi dari target produktivitas perusahaan yaitu 665
BCM/jam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:44
Last Modified: 20 Sep 2024 07:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41234

Actions (login required)

View Item View Item