RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MENU DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Zubaeda, Dyah Ayu (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MENU DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf] Text
Cover_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Abstrak_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf] Text
Abstrak_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Pengesahan_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf] Text
Pengesahan_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf

Download (987kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf] Text
Daftar Isi_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf] Text
Daftar Pustaka_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf] Text
Skripsi Fulltext_Dyah Ayu Zubaeda_124200039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam dunia bisnis teknologi sudah menjadi komponen utama dalam upaya
pengembangan bisnis saat ini. Kedai Teh Kaula merupakan sebuah usaha kuliner yang
membutuhkan teknologi dalam proses bisnisnya. Teknologi dibutuhkan dalam peningkatan
efisiensi operasional dan pelayanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang n
sistem informasi dengan mengimplementasikan Customer Realtionship Management
(CRM) pada Kedai Teh Kaula.
Sistem informasi yang diusulkan dirancang untuk memungkinkan pelanggan
melalukan pemesanan secara mandiri melalui teknologi self-service. Penerapan CRM dalam
sistem ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara Kedai Teh Kaula dengan
pelanggan, otomasi dalam pelayanan pelanggan, melakukan mengelola pelayanan
pelanggan, mengelola informasi pelanggan, mempersingkat waktu pelayanan pada Kedai
Teh Kaula.
Penelitian ini menggunakan metode yang dituliskan oleh Francis Buttle pada
bukunya yang berjudul “Customer Relationship Management Concepts and Technologies
Second Edition”. Francis Buttle menyebutkan terdapat 5 fase utama yang menunjukan
tahapan, proses, dan alat dalam mengimplementasikan CRM pada sebuah proyek. Sistem ini
akan mencakup antarmuka pengguna yang ramah untuk pelanggan dan untuk pemilik.
Kemudian, analisis yang didapat akan dikembangkan menjadi sebuah sistem yang dibangun
dengan pendekatan metode waterfall yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Keberhasilan implementasi sistem informasi dengan penerapan CRM diharapkan
dapat meningkatkan efisiensi operasional Kedai Teh Kaula, meningkatkan pengalaman
pelanggan, serta memperkuat hubungan jangka panjang antara Kedai Teh Kaula dan
pelanggan. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang
penerapan teknologi self-service dan CRM dalam bisnis kuliner.

Kata kunci : Kedai Teh Kaula, Customer Relationship Managemet (CRM, self-service technology, efisiensi operasional

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kedai Teh Kaula, Customer Relationship Managemet (CRM, self-service technology, efisiensi operasional
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:30
Last Modified: 06 Sep 2024 01:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41036

Actions (login required)

View Item View Item