PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH COFFEE SHOP LOKAL YOGYAKARTA (Studi Pada Konsumen Semuda Kopi)

Azizah, Khikmatul Hasna (2024) PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH COFFEE SHOP LOKAL YOGYAKARTA (Studi Pada Konsumen Semuda Kopi). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Fulltext Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf] Text
1. Fulltext Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf] Text
2. Cover Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 3. Halaman Pengesahan Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf] Text
3. Halaman Pengesahan Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 4. Daftar Isi Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf] Text
4. Daftar Isi Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 5. Abstrak Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf] Text
5. Abstrak Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf] Text
6. Daftar Pustaka Skripsi_153200060_Khikmatul Hasna Azizah.pdf

Download (197kB)

Abstract

xi
ABSTRAK
Perkembangan bisnis coffee shop lokal di Indonesia diikuti dengan meningkatnya
kebutuhan minum kopi. Yogyakarta, salah satu kota yang mengalami lonjakan
kemunculan coffee shop lokal. Sebagai kota pelajar yang dikelilingi oleh perguruan
tinggi, membuat target pasar coffee shop tertuju pada mahasiswa yang termasuk
dalam generasi Z. Semuda Kopi berdiri dengan lokasi yang dekat dengan beberapa
perguruan tinggi Yogyakarta dan mahasiswa menjadi target pasarannya. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen mahasiswa yang
dilihat dari faktor yang melatarbelakangi keputusan pembelian memantapkan
pilihannya pada satu coffee shop yaitu Semuda Kopi. Metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data
melalui wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan
model keputusan pembelian serta menggunakan teori elaboration likelihood model.
Generasi Z sebagai konsumen yang memilih untuk mengerjakan tugas di coffee
shop, memiliki karakteristik tersendiri dalam menentukan tempat yang sesuai untuk
mengerjakan tugas. Hasil penelitian diketahui bahwa perilaku konsumen generasi
Z dalam proses pengambilan keputusan memilih coffee shop Semuda Kopi
dilatarbelakangi oleh faktor produk, faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor
psikologis. Faktor produk menjadi faktor yang paling kuat dalam melatarbelakangi
keputusan konsumen memilih Semuda Kopi.
Kata kunci: Mahasiswa, Coffee Shop, Keputusan Pembelian, Komunikasi
Persuasif
xii
ABSTRACT
The growth of the local coffee shop business in Indonesia has coincided with an
increasing demand for coffee. Yogyakarta, a city known for its student population
and numerous universities, has seen a notable rise in the number of local coffee
shops. These establishments primarily target Generation Z students. Semuda Kopi,
strategically located near several universities in Yogyakarta, caters to this
demographic. This research aims to explore the purchasing decisions of student
consumers, specifically examining the factors that influence their choice of Semuda
Kopi as their preferred coffee shop. A qualitative descriptive approach was
employed, utilizing interviews, documentation, and literature review as data
collection methods. The study applies a purchasing decision model alongside the
elaboration likelihood model theory. Generation Z consumers, who often prefer to
complete assignments in coffee shops, have distinct preferences when selecting an
appropriate venue. The findings reveal that the decision-making process of
Generation Z in choosing Semuda Kopi is influenced by product factors, personal
factors, social factors, and psychological factors, with the product factor emerging
as the most significant determinant.
Keywords: Students, Coffee Shop, Purchasing Decisions, Persuasive
Communication

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Students, Coffee Shop, Purchasing Decisions, Persuasive Communication
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:19
Last Modified: 02 Sep 2024 03:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40902

Actions (login required)

View Item View Item